25.6 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Tidak Ada Saluran Air, Kampung Babakan Kerap Kebanjiran

JURNAL INSPIRASI – Warga Kampung Babakan, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, mengeluhkan tidak adanya drainase atau saluran air di wilayahnya. Sebab, tidak adanya saluran air di perkampungan, mengakibatkan terjadinya banjir.

Ibu Noni, warga Kampung Babakan mengaku, selama ini perkampungannya yang berada di dataran rendah, kerap kebanjiran saat musim hujan. Bahkan, air yang berada di atas persisnya di Jalan Raya Sukabumi-Ciawi, mengalir nya ke kampung ini. “Seperti sekarang, kalau hujan lebat pasti air masuk ke rumah,” ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, kondisi seperti ini sudah lama terjadi. Dimana, tidak ada saluran air pembuangan menuju aliran kali yang berada di belakang kampung.

BACA JUGA Masih Dibawah 70 Persen, Satgas Covid-19 Cigombong Geber Vaksinasi

Keluhan warga, lanjut Noni, sudah pernah disampaikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Cimande Hilir beberapa tahun lalu. Namun, sampai sekarang belum juga ada realisasi untuk pembuatan saluran air tersebut.

“Pernah dari pihak desa dan kecamatan meninjau. Dan informasi nya anggaran pembuatan drainase sudah dimasukkan kedalam program pembangunan desa waktu itu. Tapi sampai sekarang belum juga ada pembuatan saluran,” ungkapnya.

Noni dan warga Kampung Babakan lainnya pun merasa heran dan bertanya-tanya, terkait anggaran pembuatan saluran air untuk di kampungnya yang sudah dimasukkan dalam program pembangunan desa.

“Memang saat itu zaman kades lama,  sebelum kades yan sekarang. Saya kuatir anggarannya malah dipake untuk kampanye, soalnya saat itu sudah mendekati pemilihan kades,” tegas Noni.

BACA JUGA Drainase Tersumbat Sampah, Warga Cemplang Kebanjiran

Selain drainase, sambung Noni, persoalan yang sampai sekarang masih dipertanyakan warga, terkait adanya air dibawah tanah ketika menggali. Hal itu terjadi, baru-baru ini setelah adanya pabrik.

“Rumah saya sedang direnovasi, saat menggali tanah untuk pondasi, malah keluar air dengan kondisi sudah tercemar dan bau. Padahal kedalamannya hanya 1 meter. Kalau dulu tidak pernah ada air seperti ini,” paparnya.

Noni berharap, Pemdes Cimande Hilir merealisasikan keluhan warga untuk adanya pembuatan saluran air. Sehingga, air hujan maupun air limpahan dari jalan, tidak membanjiri rumah warga.

“Keluhan kami ini mudah-mudahan didengar dan langsung ada penanganan dari desa maupun Pemkab Bogor,” imbuhnya.

Sementara, hingga berita ini diturunkan belum ada penjelasan dari pihak Pemdes Cimande Hilir maupun Kecamatan Caringin.

**dede suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles