28.8 C
Bogor
Wednesday, May 1, 2024

Buy now

spot_img

Berbagi Kebaikan di Lingkungan, Pabrik Aqua Ciherang Berikan Edukasi Bijak Berplastik di SMK Humanika

JURNAL INSPIRASI – Sebagai perusahaan yang ramah lingkungan, Pabrik AQUA Ciherang berbagi kebaikan dengan tetangga. Kali ini tim Pabrik AQUA Ciherang,  berkunjung ke SMK Humanika yang berjarak sekitar 100 meter dari pabrik guna menjelaskan cara pengelolaan sampah, baik sampah organik maupun anorganik.

Di sekolah tersebut, tim Pabrik AQUA Ciherang menjelaskan, bahwa kegiatan operasional Pabrik AQUA Ciherang dijalankan dengan konsep ramah lingkungan. Bahkan, seluruh proses produksi termasuk pemanfaatan sumber daya alam, dilaksanakan secara bijak, sesuai peraturan yang berlaku serta selalu memperhatikan faktor dampak lingkungan.

 “Saat ini Pabrik AQUA Ciherang menerapkan program Blue Operations, yaitu penerapan produksi yang ramah lingkungan dari hulu sampai ke hilir pada setiap aspek produksi. Dengan demikian, proses produksi yang kami jalankan dilakukan secara efektif dan efisien dengan senantiasa memperhatikan faktor sosial lingkungan secara terintegrasi,” jelas HR Manager Pabrik AQUA Ciherang, Muhammad Atim dihadapan puluhan murid SMK Humanika, Kamis (16/12).

BACA JUGA Ferry Roveo Chechanova: Tepi Jalan Umum Bukan Bukan Milik Perumda Tohaga, tak Layak Terima Iuran

Muhammad Atim mengungkapkan, bahwa dalam Blue Operations terdapat tiga pilar utama pengelolaan produksi yang ramah lingkungan, yaitu efisiensi di bidang energi, air dan kemasan.

Untuk energi, lanjutnya, pihaknya  menjalankan program-program hemat energi dalam kegiatan operasional sehari-hari di pabrik. Terkait efisiensi air, pihaknya berupaya untuk memanfaatkan air secara bijak, setiap tetes air sangat berharga untuknya.

Selain itu, pihaknya berupaya menjaga sumber-sumber air di sekitar pabrik bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. Sedangkan untuk kemasan Pabrik AQUA Ciherang, telah menggunakan kemasan plastik hasil daur ulang dan pengelolaan sampah.

 “Saat ini sampah menjadi persoalan untuk kita semua. Kita perlu menghadapi hal itu dan mengatasinya secara bersama-sama. Cara yang baik adalah, mulai dari diri sendiri dengan melakukan pemilahan sampah organik, anorganik dan sampah plastik,” papar Muhammaf Atim.

Kunjungan tim Pabrik AQUA Ciherang pada 16 Desember 2021 itu, diterima dengan baik oleh Kepala Sekolah SMK Humanika Bayu Purwananda.

Bayu Purwananda mengaku sangat berterima kasih kepada Pabrik AQUA Ciherang yang berkenan untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola sampah. Rencananya, pihak sekolah akan memasukkan masalah pengelolaan sampah tersebut ke dalam kurikulum SMK Humanika.

BACA JUGA Soal Kegiatan Galian Tanah, Ini Kata Kades Tlajung Udik

 “Edukasi yang disampaikan tim Pabrik AQUA terkait sampah ini sangat bagus. Makanya, kami akan masukkan ke dalam kurikulum di sekolah ini,”

ujar Bayu pada edukasi bijak berplastik diikuti sekitar 40 murid SMK Humanika yang saat ini masih menjalani pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan didampingi 10 guru.

Sementara, dikesempatan itu Stakeholder Relations Manager, Heri Yunarso menyerahkan dua drop box. Satu drop box khusus untuk pilah sampah botol, tutup botol dan label. Sedangkan satu lagi, untuk sampah organik dan anorganik.

 “Kami berharap drop box ini bermanfaat untuk SMK Humanika, karena selama ini sudah mengelola sampah dengan baik dan ada pemulung yang selalu siap untuk mengambil sampah itu,” tukasnya.

Keberadaan Pabrik AQUA Ciherang yang menjalankan kegiatan operasional secara ramah lingkungan dan mau berbagi kebaikan dengan tetangga, membuat Pabrik AQUA Ciherang mendapat Sertifikasi dan Penghargaan Industri Hijau 2021 dari Kementerian Perindustrian RI dan PROPER Hijau dari Kementerian KLHK.

**deni ratama/dede suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles