33.7 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Tuntaskan Samisade, Jalan Sukadamai- Legok Manggu Rampung Dibangun

JURNAL INSPIRASI – Akses jalan kampung Sukadamai – Legokmanggu, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor yang sebelumnya jalan itu masih tanah merah, namun hadirnya program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), kini jalan tersebut  telah dibangun dengan sistem betonisasi.

Muspika Leuwisadeng dan Pemerintah Desa Leuwisadeng waktu menggelar Launching Samisade, beberapa waktu lalu.

Salah satu TPK pembangunan  Majen menerangkan,  proses pembangunan insfrastruktur jalan yang meliputi  RW 01 dan RW 08 di wilayah  Dusun 01 hingga   Dusun 04 belum lama ini, pengerjaannya sudah dititik akhir.

Mulai tahap pertama 40 persen hingga tahap dua, Samisade yang berasal dari bantuan keungan insfrastruktur APBD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2021 dialokasikan untuk  membangun Jalan Kampung Sukadamai- Legokmanggu berikut pengerjaan TPT.

BACA JUGA Tempuh Perjalanan 7 Kilometer, PHST Gelar Long March

“Sepanjang 2 kilo meter, jalan tersebut  telah rampung dibangun,” ujar Majen kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Dilanjutkannya, meski  sudah rampung, menurut Majen, jalan itu belum bisa dilalui masyarakat karena masih basah. “Tim monitoring pihak kecamatan menejelaskan kalau belum satu bulan jalan itu belum bisa digunakan,” kata Majen.

Saat Launching Samisade beberapa waktu lalu, Kepala Desa Leuwisadeng Rohim Hidayatullah mengakui program Samisade tahun anggaran 2021 dari Bupati Bogor Ade Yasin memberikan  manfaat bagi warga desa terlebih saat pandemi Covid-19.

“Pengerjaan jalan sepanjang 2 kilometer dengan lebar 3 meter menerapkan sistem Padat Karya Tunai,” tutur Kepala Desa Leuwisadeng.

BACA JUGA Desa Bojong Nangka Dapat Acungan Jempol Wabup Bangka

Sebagian pelebaran jalan menggunakan alat berat, namun tidak meninggalkan kearipan lokal di jalan yang dibangun dimana kondisi jalan sebelumnya masih tanah merah. Proses pengerjaan jalan tersebut, kata Kades, secara berkala hingga pencairan kedua progresnya betonisasi jalan.

“Alhamdulillah adanya program Samisade, kami bisa menjawab keingianan masyarakat. Musababnya penataan  jalan ini salah satunya  sudah direncakan sejak lama,” jelas Rohim Hidayatullah.

Menurutnya posisi jalan, sangat strategis karena pintu masuk jalur alternatif bagi  kedua wilayah kampung. Pembukaan jalan itu akan memberikan dampak positif secara luas.

Sebelumnya Sekretaris Camat Leuwisadeng Hendarsyah menyatakan, agar pelaksanaan program Samisade di Desa Leuwisadeng  tidak menimbulkan permasalahan, terlebih dahulu dilakukan evaluasi.

“Jalan yang  dibangun itu otomatis banyak tanah warga yang terpakai, namun setelah kita cek dengan Pak Kades dan  TPK  bahwa jalan yang dibangun itu dinyatakan tidak ada masalah,” tukasnya.

**arip ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles