31.6 C
Bogor
Wednesday, May 8, 2024

Buy now

spot_img

Setu Wanaherang Kembali Tercemar

Achmad Fathoni : Pengusaha yang Masih Buang Limbah ke Alam Segera Bertaubat

JURNAL INSPIRASI – Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS Achmad Fathoni mendapati aduan soal Setu Wanaherang yang kembali tercemar. Fathoni pun akan meninjau langsung ke lapangan melihat kondisi setu tersebut.

“Informasi awal dari masyarakat kembali dicemari dengan infonya mengeluarkan bau yang sangat menyengat,” ujarnya, Minggu (28/11/21).

Dia mengalu sedih setu dicemari lagi oleh limbah yang didominasi oleh perusahaan. Fathoni pun meminta DLH bersama pihak terkait yang berwenang seperti Satpol PP , Trantib kecamatan untuk segera turun dan menindak tegas.

BACA JUGA Gerai Vaksin Polres Bogor Hadir di Babakan Madang

“Pihak pemerintah desa juga saya harapkan bisa membantu. Saya himbau masyarakat sekitar untuk buat komunitas peduli setu sehingga bisa bersama – sama sinergi menjaga setu,” jelasnya.

Dia pun menyatakan agar perusahaan yang masih membuang limbah ke alam untuk segera bertaubat dan mengikuti aturan, begitu pun untuk DLH jika sudah mendapati pelakunya segera menindak tegas dan berikan sanksi untuk membuat efek jera.

Terpisah Ramdani, salah satu warga sekitar Setu Wanaherang menjelaskan sudah beberapa minggu ini kondisi Setu Wanaherang tercemar oleh limbah dan pada Minggu (28/11) merupakan puncaknya karena kondisi Setu Wanaherang berwarna hitam pekat dan berbau.

“Saya mohon kepada instansi yang berwenang untuk menelusuri perusahaan – perusahaan yang membuang limbah ke aliran Setu Wanaherang dan segera menangani persoalan ini,” paparnya.

BACA JUGA Anggaran Program Prioritas Banyak Dipangkas

Sebagai warga biasa kata dia, tidak bisa apa – apa tanpa dukungan dan bantuan pemerintah serta instansi terkait untuk menangani perusahaan – perusahaan nakal yang masih membuang limbah ke aliran Setu Wanaherang, apalagi kejadian ini sudah berminggu – minggu.

” Awalnya air berminyak kemudian disusul oleh busa – busa berwarna kuning agak sedikit bau namun tidak menyengat, namun hari ini airnya menjadi hitam pekat dengan bau yang sangat menyengat sehingga radius sekitar 100 sd 200 meter dari arah Setu Wanaherang bau itu sudah tercium,” jelasnya.

Dia berharap air Setu Wanaherang diambil sempel oleh DLH Kabupaten Bogor, namun tidak ada tindak lanjutnya seperti apa. Dia menyayangkan kejadian yang sama kembali terulang  lagi dan lagi. Selain itu dia juga sudah mengadukan hal ini ke berbagai instansi terkait namun tidak ada tindak lanjut.

“Mohon perhatian  untuk pemerhati lingkungan, dinas – dinas terkait, Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menanggapi perihal kejadian di setu ini,” tandas Ramdani.

**nayur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles