27.2 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Cari Warga Belum Vaksin, PPP Rangkul Pemcam dan Puskesmas

JURNAL INSPIRASI – Wakil Ketua DPW PPP Jawa Barat (Jabar), Usep Supratman meninjau kegiatan vaksinasi di aula Kantor Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Minggu (14/11).

Kegiatan yang bertemakan “Vaksinasi Bersama Menuju Masyarakat Sehat” itu,  sebagai realiasi dari kerjasama antara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten Bogor dengan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Caringin serta Puskesmas Caringin dalam percepatan vaksinasi.

Usep mengatakan, kerjasama antara DPC PPP dengan pemerintah kecamatan dan puskesmas ini, terus berlanjut sampai akhir tahun 2021.

BACA JUGA: Toko Mario Buka, Pedagang Pasar Caringin Gulung Tikar

 “Kita akan berputar sampai akhir tahun ini. Biar Kabupaten Bogor bisa ke level 1,” ungkapnya kepada wartawan.

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor itu mengungkapkan, tujuan diadakannya kegiatan vaksin ini untuk melaksanakan tugas guna membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

 “Kita itu wajib mencari masyarakat yang belum di vaksin,” jelas Usep.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi tersebut bukan hanya kali ini saja dilaksanakan. Melainkan sudah yang ke sekian kalinya dilakukan DPC PPP Kabupaten Bogor.

 “Sengaja kita berkeliling, mulai dari Bogor Barat, Timur, Utara dan Selatan. Nah hari ini saya di selatan dan mungkin minggu depan di Cibinong guna membantu kepala desa untuk mencari masyarakatnya yang belum divaksin,” kata Usep.

BACA JUGA: Progres Samisade Tahap 2, Pemdes Curugbitung Fokus Bangun Insfrastruktur

Secara level, sambungnya, Kabupaten Bogor sudah harus turun ke level 1 karena saat ini berada di level 2. Oleh sebab itu, pihaknya akan terus membantu pemerintah Kabupaten Bogor dari segi kuantitasnya agar lebih baik lagi.

Mengingat, dilihat dari kualitasnya sendiri sudah masuk pada zona hijau, artinya sudah tidak ada kasus meskipun dibawah level 2, tapi secara keseluruhan masih ada.

 “Kita berharap semoga tidak ada kasus terpapar Covid lagi, adapun untuk Kabupaten Bogor capaian vaksinasinya sudah mencapai 50,65%,” tegas anggota dewan asal daerah (Dapil) 3 tersebut.

Sementara, Kepala Puskesmas Caringin, drg. Puspita menyatakan untuk vaksin yang digunakan pada kegiatan ini jenisnya adalah Sinovac, Pfizer, AstraZeneca dan Moderna.

BACA JUGA: Satu Desa di Wilayah Ini Gaptek

“Semua ada dan lengkap, untuk sasarannya  mulai dari usia 12 tahun ke atas dan masyarakat umum dengan target 1000 peserta. Kita berharap mudah-mudahan bisa tercapai,” ucapnya.

Soal kendala, kata Puspita, itu berada di vaksin ke 2, karena khusus di Kecamatan Caringin untuk vaksin ke 1 sudah mencapai 65 %. Sedangkan di vaksin ke 2 masih dikisaran 40 %.

“Kendalanya mungkin warga masih beranggapan vaksin 1 itu cukup, padahal tidak begitu. Sebab kekebalan tubuhnya baru mencapai 50 %. Makanya harus sampai vaksin 2 agar kekebalannya bisa capai 100%. Jadi bagi masyarakat terutama yang berada di wilayah Kecamatan Caringin yang belum di vaksin baik itu ke-1 dan ke-2 segeralah untuk divaksin,” jelasnya.

Dilokasi sama, Camat Caringin, Euis Komalasari mengungkapkan sejauh ini pihaknya selalu berupaya melaksanakan vaksinasi. Mulai dari dilakukannya sosialisasi kepada masyarakat maupun cara lainnya.

BACA JUGA: Warga Apresiasi Pekerjaan Jalan Cijayanti – Bojong Koneng

“Disamping menggandeng para tokoh ulama dan kader untuk menyampaikan pentingnya dilakukan vaksin bagi warga sebagaimana anjuran pemerintah. Dan kita berharap, warga atau masyarakat yang belum divaksin segeralah divaksin, baik vaksin ke 1 dan ke 2,” pungkasnya

Sejak pagi terlihat antrean masyarakat untuk mendapatkan vaksin. Bahkan, tampak antusias mengikutinya, termasuk mengapresiasi kegiatan yang digelar DPC PPP Kabupaten Bogor ini.

**dedesuhendar/denipratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles