25.6 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Simpang Cikereteg Dan Pasar Caringin Penyebab Kemacetan Jalan Sukabumi

JURNAL INSPIRASI – Kemacetan arus lalulintas kerap terjadi di Jalan Raya Sukabumi-Ciawi setiap akhir pekan. Kemacetan itu terjadi, karena maraknya tempat wisata yang ada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Dari pantauan, simpul kemacetan arus lalulintas yang terjadi setiap akhir pekan, yakni di persimpangan Cikereteg dan Pasar Caringin.

Rudi Gunawan, warga Kecamatan Caringin mengatakan, di jalur Sukabumi-Ciawi, ada dua titik yang kerap menjadi biang kemacetan.

BACA JUGA: Minim Pembuatan Akta Kelahiran di Wilayah Bogor Barat, Ini Sebabnya

 “Simpang Cikereteg dan Pasar Caringin sudah jadi biang kemacetan di jalur ini,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, untuk simpang Cikereteg, kemacetan terjadi setelah Desa Pancawati yang berada di wilayah pegunungan, sudah banyak tempat wisata, mulai dari hotel, resto, kedai kopi maupun lokasi camping ground.

 “Makanya setiap akhir pekan sudah banyak kendaraan yang naik ke wilayah Pancawati,” ungkap Rudi.

Banyaknya pengunjung yang datang ke wilayah Pancawati, lanjut Rudi, tidak dibarengi dengan pembenahan infrastruktur. Karena, kecilnya akses masuk disimpang Cikereteg, membuat arus kendaraan terhambat.

 “Sudah mau masuk simpang Cikereteg kecil, ditambah lagi banyak pedagang dan kendaraan motor yang parkir ditepi jalan,” tegasnya.

BACA JUGA: Kades Cemas, Bencana Longsor Mengintai Desa Cipelang

Rudi berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, melakukan pembenahan simpang Cikereteg dengan melakukan pelebaran jalan.

 “Kalau dilebarkan, saya rasa kemacetan di Jalan Raya Sukabumi sedikit terurai,” paparnya.

Simpang Pasar Caringin yang juga sebagai penyebab terjadinya kemacetan di jalur perdagangan tersebut, harus dilakukan pembenahan baik petugas parkir maupun para pedagang yang mangkal di Jalan Alternatif Caringin-Cibadak itu.

Selain itu, tidak adanya petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) yang ikut membantu anggota lalulintas Polsek Caringin saat mengatur kendaraan.

 “Terkadang kalau hari Minggu, anggota kepolisian dari Polsek Caringin saja yang mengatur arus lalulintas,” tukas Saeful, warga Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin.

**dedesuhendar/denipratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles