30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Minim Pembuatan Akta Kelahiran di Wilayah Bogor Barat, Ini Sebabnya

JURNAL INSPIRASI – Kesadaran masyarakat untuk pembuatan akta kelahiran di wilayah 4 Unit Pelayanan Teknis (UPT) penduduk dan pencatatan sipil (Dukcapil) masih minim.

“Kita memiliki kendala salah satunya masyarakat yang sudah wafat ataupun sudah pindah kediamannya,” Kepala UPT Dukcapil wilayah 4 Toni Topandi kepada Jurnal Bogor di kantor UPT Dukcapil, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Senin (08/11).

UPT Dukcapil wilayah 4 sendiri menaungi Kecamatan Leuwisadeng, Leuwiliang, Nanggung, Cigudeg, Sukajaya, Jasinga dan Kecamatan Tenjo. Padahal target akumulasi dari tahun sebelumnya yang menjadi beban Kabupaten Bogor. Setiap tahun terus bertambah sehingga akan terus berkelanjutan.

BACA JUGA: Kades Cemas, Bencana Longsor Mengintai Desa Cipelang

“Tentunya dengan mengejar angka tersebut. Target kita kan mencapai 50.000 ribu dengan jangka waktu 2 bulan harus tercapai target. Kita akan kerja keras untuk mencari data yang belum memiliki akta kelahiran,” ujarnya.

Langkah selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah agar menjemput bola di setiap sekolah untuk mengejar target. Akan tetapi target tersebut belum tentu sesuai dengan by name by address.

Ia menjelaskan, tidak hanya target akta kelahiran saja akan tetapi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lain sebagainya menjadi beban UPT Dukcapil.

BACA JUGA: Alokasi DD Tahap Akhir, Warga Batuputih Nikmati Jalan Mulus

“Sudah hampir 40% penduduk yang berada di naungan UPT 4 sudah memiliki akta kelahiran, tentunya akan terus didorong dan akan jemput bola ke setiap wilayah,” cetusnya.

Sementara itu, Anggi warga Desa MekarJaya, Kecamatan Cigudeg mengatakan, saat ini ia sedang membuat akta kelahiran milik saudaranya, namun pembuatan lama dan bahkan harus sampai beberapa hari.

“Saya baru pertama kali buat akta kelahiran ini pun untuk ponakan saya, memang prosesnya agak sedikit lama,” kata dia.

**andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles