31.1 C
Bogor
Tuesday, May 21, 2024

Buy now

spot_img

UPT IV Survei TPT yang Alami Kerusakan Parah

JURNAL INSPIRASI – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Insfrastruktur Irigasi Wilayah IV Leuwiliang mensurvei Tembok Penahan Tebing (TPT) yang dianggap sudah mengalami kerusakan cukup parah. TPT tersebut berada di kali Cigatet-Cianten di Kampung Banyusari RT 01 RW 08, Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Petugas mensurvei TPT.

UPT Wilayah IV melalui Kepala TU Badri Salam menerangkan,  kondisi TPT rusak akibat gerusan air dan kondisi bangunannya sudah cukup lama sehingga bTPT itu terancam ambruk. “Ada rencana perbaikan kembali. Untuk pembangunan TPT, utamanya kami usulkan ke Pemda melalui Dinas PUPR,” terang Badri kepada wartawan, kemarin.

Upaya tersebut juga untuk menghindari  kekhawatiran warga sehingga TPT yang sudah lapuk itu bisa secepatnya diperbaiki.

Salah satu warga Leuwimekar, Fauzi menuturkan, jika TPT tidak cepat ditangani  dikhawatirkan akan longsor dan mengancam 4 rumah warga apalagi apabila saluran air meluap. “Bisa saja sewaktu waktu  TPT itu  akan ambruk dan mengancam rumah warga yang tidak jauh dengan bantaran kali Cigatet,” kata dia.

Fauzi menambahkan kekhawatiran itu karena keberadaan  rumah warga itu berada diatas  dan samping TPT  yang kondisinya sudah rusak.  “Kehawatirkan pernah disampaikan oleh salah satu pemilik rumah yang berada di sekitar bangun TPT yaitu Ibu Tentat pemilik rumah  waktu  dia ke desa,” jelasnya.

Ibu Tentat kata Fauzi khawatir apabila kondisi air besar dan menghantam TPT terus ambruk, tentu rumahnya akan  kena longsor. Sedangkan longsor pernah terjadi tahun lalu.

Kapala Desa Leuwimekar  May Somarno menyampaikan terima kasih kepada UPT Irigasi dan Pengairan Wilayah IV  Leuwiliang yang sudah mensurvei keadaan TPT rusak yang diakibatkan gerusan air dari aliran sungai Cigatet- Cianten.

“Memang apabila tidak segera diperbaiki TPT tersebut akan  terjadi longsor  dan berdampak ke rumah rumah warga yang bakal ikut ambruk juga,” tukasnya.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles