34.1 C
Bogor
Friday, May 10, 2024

Buy now

spot_img

BCA Ikut Lestarikan Habitat Orangutan


Jakarta | Jurnal Bogor

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program corporate social responsibility Bakti BCA, ternyata tak hanya fokus menjalankan program berkait soal ekonomi, tapi bank swasta nasional ternama ini ikut aktif melestarikan lingkungan, salah satunya menjaga kelangsungan hidup orangutan.

Keterlibatan BCA dalam menjaga kelestarian orangutan yang merupakan satwa endimik Pulau Kalimantan atau Berneo ini berlangsung sejak tahun 2012 lalu bekerja sama dengan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOSF).


“Sejak tahun 2012, BCA telah berkomitmen untuk menyelamatkan habitat orangutan di wilayah Kalimantan, apalagi orangutan merupakan mahluk hidup kontribusi besar dalam kelestarian hutan di Indonesia, terlebih sekitar 90 persen orangutan hidup di hutan Indonesia dan sejak 2020 silam, BCA telah melakukan rehabilitasi terhadap 31 orangutan di Kalimantan,” kata EVP CSR BCA Inge Setiawati, Senin (18/10).

Inge mengatakan, selain orangutan, BCA aktif terlibat dalam program pelestarian lingkungan, diantaranya penanaman mangrove, penanaman pohon di areal lahan gambut, serta pelepasliaran 8.909 ekor tukik. “BCA juga mengembangkan 12 desa binaan sebagai upaya melestarikan dan mengoptimalkan potensi desa untuk mewujudkan ketahanan ekonomi pedesaan berkelanjutan,”ujarnya.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin melihat habitat orangutan di Pulau Kalimantan, BCA bersama CEO BBOS Foundation Dr. Ir. Jamartin Sihite dan BOSF Awareness Campaigner Richard Kyle, menghadirkan acara serial LDR ‘Lihat Dari Rumah’ melalui kanal Youtube SolusiBCA dan Instgram@ goodlifebca.

“Semoga kehadiran tayangan ini kian menumbuhkan rasa awareness masyarakat akan pelestarian lingkungan hidup baik itu fauna maupun flora,” tegas Inge.

CEO BBOS Foundation Jamartin Sihite menambahkan, penyelamatan orangutan dan habitatnya tidak dapat dilakukan BOSF sendiri, tapi tanggung jawab semua pihak, seperti NGO penyelamatan orangutan lainnya, pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah, privat sektor seperti BCA. “Tanpa terkecuali masyarakat umum, semua perlu bergandengan tangan agar penyelamatan orangutan dan habitatnya dapat terwujud dan dapat hidup berdampinga,”ujar Jamartin menutupi.

** Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles