28.3 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Desa Sinarsari Himpun Dana untuk Anak Yatim dari Celengan Warga

Dramaga l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor membagikan 400  celengan ke setiap RT. Nantinya,  uang celengan yang disimpan di rumah warga dibuka oleh panitia RT dan RW. Lalu setiap tahun baru Islam uang yang terkumpul dibagikan ke anak-anak yatim.

Kepala Desa Sinarsari, Ukon mengatakan, membagikan celengan yatim ke warga merupakan kegiatan runtin setiap tahun. Celengan yatim tersebut diserahkan ke setiap warga di tiap RT.   Lalu oleh perangkat RT dan RW nantinya celengan tersebut disebar ke setiap warga. 

Tabungan anak yatim yang dikumpulkan oleh warga  nantinya dikumpulkan kembali di panitia RT/RW setiap Tahun Baru Islam. “Ada 400 celengan plastik yang dibagikan ke setiap RT, ” ujar Ukon.

Dia menjelaskan, celengan untuk anak yatim tersebut adalah bentuk cinta dan kepedulian masyarakat kepada sesama, terutama anak yatim. Sedangkan untuk anak yatim di Desa Sinarsari dari usia 0 sampai 12 ada 80 yatim, sedangkan 0- sampai 15 tahun ada sekitar 115 anak yatim.

“Celengan anak yatim yang dikumpulan di setiap RT selama setahun bisa terkumpul hingga mencapai puluhan juta, ” ungkapnya.

Tak ada patokan uang yang harus disumbangkan warga yang dimasukan ke dalam celengan yatim. Namun, yang terpenting keiklasan dan kepedulian warga terhadap anak yatim. “Kami berharap dengan adanya celengan yatim bisa meringankan beban anak yatim dan bentuk kepedulian warga terhadap anak yatim,” tukasnya.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles