29.6 C
Bogor
Saturday, May 11, 2024

Buy now

spot_img

Akses Tertutup, Kecamatan Nanggug Kembali Diterjang Longsor

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Longsor kembali melanda wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor hingga menutup akses jalan. Longsor terjadi di dua lokasi, tepanya di Jalan Kampung Nangela Atas Gunung Padas serta Kampung Nangela Bawah di wilayah 2 RW.

“Musibah longsor paling parah di jalan Kampung Nangela Bawah,” kata Kepala Dusun Desa Nanggung H Deden Mulyawidanta kepada Jurnal Bogor, Rabu (22/9).

Berkali kali wilayah itu dilanda longsor terjadi pada Senin hingga Selasa sekitar pukul 5: 00 WIB dini hari. Atas peristiwa tersebut kondisi jalan tak bisa dilalui baik roda empat maupun roda dua.

Akibatntya, aktivitas warga lumpuh total, sehingga akhirnya warga gotong-royong membersihkan material longsoran di dua tempat.

Tampak jalanan itu dipenuhi tumpukan tanah, dan aktivias warga menjadi terputus dan puluhan masyarakat, termasuk para ketua RT, RW dan Muspika turun ke lokasi membantu warga membersihkan tumpukan material longsoran.

“Penanganan sementara swadaya menggunakan alat seadanya. Yang penting sementara bisa dilalui kendaraan roda dua,” ujar dia.

Sementara musibah longsornya cukup besar maka penanganannya harus menggunakan alat berat karena jika dilaksanakan secara manual, ajan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Salain membersihkan material longsoran yang mengahalangi bahu jalan, menurut Deden, seharusnya dilakukan pengerukan tanah pada dibagian tebing yang dianggap sangat labil dan berpotensi sewaktu waktu longsor bisa terjadi lagi.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles