34.2 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

BPPSDMP Tuntaskan Nasib 2.168 THL-TBPP

Malang | Jurnal Inspirasi

Momentum upgrade kompetensi dan pengembangan karir dilakukan Kementerian Pertanian  pada tahun 2021. Jumlahnya mencapai 2.168 orang dengan prioritas utama Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) yang berasal dari 33 provinsi dan 266 kabupaten/kota. Melalui sertifikasi profesi, mereka diberi peluang menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

TUK Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu kebagian jatah untuk wilayah Jawa Timur dan DIY semula 44 orang karena berbagai hal seperti peserta mengundurkan diri karena faktor usia, meninggal dunia sehingga hanya tersisa sebanyak 33 orang peserta.

SDM pertanian di dalam pembangunan sektor pertanian  diharapkan  mampu meningkatkan peranannya sektor pertanian, dalam arti luas adalah sektor pertanian dalam berbagai lini termasuk didalamnya usaha-usaha pertanian dan segala hal yang mampu menunjang perkembangan maupun kontinuitas kegiatan  yang berguna bagi pertanian dan sektor-sektor lain yang terhubung dengan pertanian secara langsung maupun yang mendukung pertanian secara tidak langsung.

SDM pertanian  yang maju, mandiri dan modern akan mampu menjunjung tinggi segala macam aspek di dalam pembangunan pertanian yang pada akhirnya pembangunan pertanian mampu untuk meningkatkan kegiatannya mendukung perekonomian masyarakat pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) “Kualitas SDM pertanian selalu ditingkatkan, sebab pertanian saat ini harus terus berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satu parameternya tentu melalui sertifikasi. Untuk itu, momentum terbaik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya”, terang SYL.

Sementra Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Saya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Prof. Dedi Nursyamsi menjelaskan, “Kementan memberikan perhatian besar kepada seluruh THL-TBPP. Mereka bisa menjadi PPPK setelah menjalani sertifikasi terlebih dahulu. Untuk itu, persiapkan. sertifikasi sebaik mungkin agar hasilnya positif. Sebab, sertifikasi juga menjadi bukti kompetensi dan kualitas SDM pertanian untuk menjawab tantangan ke depan,” jelas Dedi.

Sertifikasi bagi THL-TBPP yang diinisiasi oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).  Dilaksanakan 21-23 September 2021 dilakukan secara offline dan dibuka oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si sekaligus dengan pembukaan Pelatihan Kewirausahaan bagi petani milenial.

Dalam arahannya kepala BBPP Batu mengatakan Sertifikasi Kompetensi sebagai pengakuan resmi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai pelaksana kegiatan sertifikasi profesi berlisensi dari BNSP. Sebagai pengakuan resmi maka LSP dapat menetapkan seseorang memenuhi persyaratan kompetensi yang diatur dalam manajemen mutu ISO. Asesmen berbasis kriteria, bukti dan partisipatori.

Lebih lanjut Wasis menyampaikan bahwa sertifikasi adalah salah satu syarat untuk tahap berikutnya, logikanya sederhan bpk/ibu sudah masuk terminal pertama, sekarang masuk terminal kedua yang harus dilalui dan akan ketemu dengan terminal ketiga. Prosesnya seperti itu tapi mari kita nikmati proses ini dengan bahagia. Bpk/ibu kenapa saya bicara seperti itu? Karena saya juga penyuluh 28 tahun di Kendari, jadi saya merasakan betul apa yang bpk/ibu rasakan, untuk itu ikuti tahapan ini dengan baik.

Kemudian kepada ketua TUK, bahwa Asesor itu kalau dipewayangan levelnya sudah dewa, dewa itu penuh kesederhanaan, kebijakan, kearifan dan kesabaran karena sudah tahu persis apa yang harus dilakukan untuk dapat menjembatani bpk/ibu sekalian selama 3 hari kedepan 21 sd 23 hilangkan rasa tegang tapi harus bisa menciptakan rasa bahagia.

Sebagai komitmen dari kepala Balai, meminta kepada TUK jangan membebani peserta selembar kertaspun untuk photocopi. Tuntut para peserta untuk mengikuti alur secara baik, jaga kesehatannya apa yang diminta terkait dengan persyaratan berikan kalau ditanya dijawab. Sertifikasi bukan hal yang menakutkan ataupun sulit, semua mudah kalau kita legowo.

**t2s /bbpp batu

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles