27.6 C
Bogor
Saturday, May 11, 2024

Buy now

spot_img

Tak Kunjung Dibangun Pemerintah, Warga Pasirpeuteuy Swadaya Bangun TPT yang Sudah Lama Ambrol

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Puluhan warga  Kampung Pasirpeuteuy, Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor berswadaya membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di Jalan lintas Rancabakti – Gununggaru, Pasirpeuteuy.

Hal ini dilakukan, lantaran sudah lama tebingan yang ambrol itu tak diperbaiki pemerintah.

Tokoh masyarakat setempat H Yaya mengatakan, peristiwa TPT ambrol terjadi sejak tahun 2020 lalu, sehingga  menyebabkan serapan air tidak mengalir pada bagian bangunan gorong-gorong.

Swadaya tersebut kata dia sebagai bentuk keprihatinan masyarakat karena  Pemerintah Kabupaten Bogor hal ini Dinas PUPR tidak kunjung memperbaiki TPT jalan yang ambruk itu.

“Pada akhirnya warga dan Pemerintah Desa Nanggung berinisiatif untuk memperbaiki tebingan tersebut,” ujar Yaya kepada Jurnal Bogor, kemarin.

TPT tersebut dibangun sepanjang 10 meter dan tinggi 4 meter. “Swadaya masyarakat dengan dibangun TPT merupakan  hasil anggaran pribadi,” tambahnya.

Sebelumnya Pemerintah Desa Nanggung sudah  beberapa kali mengajukan untuk perbaikan ke pihak terkait, namun hingga kini tak kunjung dibangun.

“Desa sudah mengajukan beberapa kali karena memang tidak ditanggapi akhirnya masyarakat berinisiatif membangun TPT tersebut,” tutupnya.

Kepala Desa Nanggung Muhamad Sodik membenarkan bahwa tebingan yang sudah lama ambrol itu berada di areal jalan milik Kabupaten Bogor Kini telah dibangun hasil swadaya masyarakat.

“Kami sudah mengajukan beberapa kali namun tak direspon, akhirnya warga melakukan langkah dengan membangun TPT itu,” papar Sodik.

Warga khawatir kejadian ambrol tebingan itu sudah lama. “Kalau lama dibiarkan khawatir ambrolnya tebingan itu semakin membesar,” pungkasnya.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles