26.6 C
Bogor
Sunday, May 12, 2024

Buy now

spot_img

Warga Kesulitan Air Bersih

Sumber Air Bersih di Kampung Ciatar dan Jatinunggal Hilang Tergerus Longsor

Rumpin | Jurnal Inspirasi

Sumber mata air yang biasa ditampung di bak penampungan yang digunakan warga untuk mengambil air bersih keperluan memasak, mencuci baju, dan mandi, kini hilang. Sumber mata air itu tergerus longsor dan pergerakan tanah beberpa waktu lalu yang menerjang 2 Kampung Ciatar dan Jatinunggal, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Bahkan saat ini warga 2 kampung tersebut mengalami kesulitan air bersih.

Seperti yang diungkapkan Alda Rahayu (36), warga Ciatar yang sudah lebih sebulan ini kesulitan air bersih. Tak hanya dirinya, warga lainnya juga merasakan kesulitan mencari air sejak bencana longsor yang pertama pada Agustus 2021 lalu.

Menurut Alda, kini warga selain mencari air ke kampung yang masih ada airnya, belakangan ini bantuan itu ada dari BPBD Kabupaten Bogor. “Setiap kali ada bantuan dari BPBD warga selau buru-buru menyewa galon untuk mendapatkan bantuan air dari BPBD Kabupaten Bogor,” kata Alda

Hal serupa diungkapkan Basri alias Kubil (48), warga Kampung Ciatar yang menjadi korban longsor memohon bantuan air bersih seyogyanya dikirm setiap hari. “Saya memohon kalau bisa bantuan iar bersih dikirim setiap hari, karena warga di sini benar -benar membutuhkan air bersih,”pintanya.

Sementara itu petugas BPBD Kabupaten Bogor, Hayat mengakui memang betul saat ini warga di 2 kampung yakni Kampung Jatinunggal dan Ciatar yang terdampak bencana longsor kekurangan air. Bahkan sampai saat ini pihak BPBD Kabupaten Bogor selalu mengirimkan bantuan air bersih menggunakan mobil tangki BPBD.

“Kita selalu menyalurkan bantuan air bersih disana karena mereka kekurangan air bersih pasca wilayah sini diterjang longsor,” pungkasnya.

** cepikurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles