Home News Wilayahnya Masuk Zona Hijau, Warga Pondok Widyatama Gelar Bazaar UMKM

Wilayahnya Masuk Zona Hijau, Warga Pondok Widyatama Gelar Bazaar UMKM


Cibinong | Jurnal Inspirasi

Warga Perumahan Pondok Widyatama Indah RW 10, Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Minggu (05/09) kembali menggelar pekan produk Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM). Pada gelaran yang ke-8 ini, ada sekitar 11 dari 24 pelaku UMKM yang berpartipasi dengan menyajikan produk beraneka jenis.

“Alhamdulillah, tahun 2021 ini, pekan produk UMKM di perumahan kami ini bisa terselenggara dengan lancar, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, walaupun wilayah kami ini sudah masuk zona hijau atau zero Covid-19,” kata Ketua Yayasan Berkat Usaha Masyarakat Pancasila (Bersampan) Muklas Amkl, dalam keterangannya tertulisnya kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Sebagai informasi, UMKM yang menggelar bazaar yang diinisiasi Yayasan Berkat Usaha Masyarakat Pancasila ini bernaung di bawah bendera UMKM Wijaya Kusama, usaha dan kegiatan UMKM ini bisa tetap eksis menjalankan usahanya setelah dibantu modal oleh Yayasan Bersampan.

“Setiap UMKM yang bernaung di Wijaya Kusuma ini mendapatkan bantuan modal dari yayasan sebesar Rp 2 juta. Bantuan modal itu sifatnya pinjaman bisa dikembalikan dengan cara dicicil selama 20 bulan, tapi tanpa bunga,” ujar Muklas.

Pernyataan Muklas diamini, para pelaku UMKM, mereka mengaku bersyukur di tengah kesulitan mendapatkan modal usaha, Yayasan Bersampan hadir memberikan solusi dengan memberikan pinjaman modal tanpa bunga.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD dan Fraksi PKS Agus Salim, Lc mengapresiasi peran Yayasan Bersampan dalam membina UMKM. “Di masa pemulihan ekonomi akibat adanya pandemi, UMKM ditargetkan menjadi motor penggerak kembangkitan ekonomi daerah bahkan nasional,” katanya.

Agus, menyatakan kesiapannya menyambungkan pelaku UMKM binaan Yayasan Bersampan dengan dinas teknis di lingkup Pemerintahan Kabupaten Bogor. “Di APBD cukup banyak program untuk membantu pelaku UMKM, insya allah saya akan berjuang untuk memasukan pelaku UMKM binaan Yayasan Bersampan agar nyambung dengan sejumlah dinas teknis,” tegasnya.

Agus, berharap, di masa pemulihan ekonomi, semua UMKM di Kabupaten Bogor bisa naik kelas dengan jangkauan pasar yang lebih luas. “Sekarang ini kan eranya digitalisasi. Ini harus dimanfaatkan UMKM, agar produknya bisa lebih luas lagi dipasarkan, caranya dengan mengikuti program UMKM go digital,” katanya menutupi.

** Mochamad Yusuf

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version