28.8 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Vaksinasi Covid yang Digelar Kopassus Diserbu Warga Bojong

Kemang | Jurnal Inspirasi

Untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Bogor, Batalyon 14 Grup 1 Kopassus melakukan serbuan vaksinasi untuk masyarakat umum yang dilaksanakan di Aula Badrika Yon 14 Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Kegiatan itu sendiri digelar selama dua hari pasa 16 dan 18 Agustus 2021.

Wakil Komandan Batalyon 14 Grup 1 Kopassus Mayor Inf Rinto Hari Suweno mengatakan, serbuan vaksinasi ini merupakan vaksinasi dosis pertama dari Batalyon 14 Grup 1 Kopassus dibantu oleh tim vaksinator dari Puskesmas Kemang, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Wadanyon amat kaget pasalnya vaksinasi yang dilaksanakan oleh satuan baret merah itu sangat luar biasa karena warga yang ingin divaksin lebih banyak dari dugaan.

“Pada tahap awal perencaan sebelumnya kita hanya menyiapkan sebanyak 250 vaksin Sinovac untuk KBT Batalyon 14 Grup 1 Kopassus dan warga desa binaan, ternyata hingga hari ini sudah mencapai sejumlah 600 orang,” kata Mayor Inf Rinto kepada wartawan, Rabu (18/8/2021)

Wadanyon Yon 14 Grup 1 Kopassus itu menambahkan kegiatan serbuan vaksinasi selama 2 hari di Batalyon 14 Grup 1 Kopassus, yang dilaksanakan dengan menerapkan Prokes Covid 19 secara ketat.

“Tujuan Pelaksanaan serbuan vaksin kepada KBT dan warga binaan tersebut selain melaksanakan perintah dari Dangrup 1 Kopassus, juga untuk membantu melaksanakan program pemerintah dalam rangka mengintensifkan vaksinasi sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Mayor Inf Rinto juga mengatakan masih adanya masyarakat yang awam dan takut untuk disuntik vaksin tentu menjadi kewajiban TNI dan semua elemen lainya untuk mengajak dan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi agar herd immunity masyarakat terbentuk.

“Terbukti sebagian masyarakat masih awam terhadap vaksinasi, sehingga cukup banyak masyarakat yang masih ragu untuk melaksanakan vaksinasi, namun setelah dilaksanakan penggalangan dan diberikan pemahaman akan pentingnya vaksinasi, pada akhirnya masyarakat sangat berantusias untuk melaksanakan vaksinisasi karena mereka sadar bahwa vaksinisasi ini telah menjadi sebuah kebutuhan,” ungkapnya.

Sementara menurut Kepala Puskesmas Jampang drg Nina Martini, untuk membantu pelaksanaan vaksinasi di Batalyon 14 Grup 1 Kopassus, Puskesmas Kemang melibatkan 18 tenaga medis.

“Alhamdulillah berjalan lancar dengan dibantu prajurit Kopassus masyarakat bisa tertib,” katanya.

Nina juga mengatakan untuk di Kecamatan Kemang sampai saat ini jumlah masyarakat yang divaksinasi baru mencapai 20 persen.

“Mudahan-mudahan dengan dibantu Kopassus ini dan beberapa instansi lain yang menyelenggarakan kegiatan vaksinasi target vaksinasi di Kecamatan Kemang bisa tercapai,” katanya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles