28.3 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Rencanakan Bebas Sampah, WCD Temui DLH

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Sebagai wujud peduli terhadap pengeloaan sampah, Core Team World Clean Up Day (WCD) 2021 wilayah Kabupaten Bogor melakukan pertemuan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Sebagai tuan rumah pertemuan tersebut, hadir Kadis DLH Asnan, Sekdis serta Kabid dan Kasi DLH. 

Sementara Core Team WCD diwakili Leader Wawan, serta  anggota team Angga, Bambang, Een dan Hesti. Hadir juga anggota DPRD Komisi III Kabupaten Bogor yang juga pecinta lingkungan Achmad Fathoni serta perwakilan Patriot Desa Jawa Barat Qaedi Zulfahmi.

Dalam pertemuan tersebut, pengurus WCD Kabupaten Bogor menyampaikan rencana kegiatan WCD 2021 yang rencana diselenggarakan pada 12-19 September 2021, susunan Core Team serta meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bogor dalam kegiatan World Clean Up Day 2021.

Kadis LH Kabupaten Bogor menyambut baik kegiatan WCD 2021 dan siap melakukan support penuh. Ia juga menyebut pihaknya tengah berusaha agar Kabupaten Bogor bisa bebas sampah, yaitu melalui program BKGC, Bogor Antik, pembangunan TPS berbasis 3R, bank sampah serta mendorong sampah menjadi sumber energi dan pemilihan sampah.

“Kami siap suport WCD 2021. Saya sangat bahagia diingatkan oleh Pak Dewan Achmad Fathoni dan temen-temen Core Team terkait kegiatan WCD ini. Karena ini agenda tahunan,” tutur Asnan.

Sementara itu, Komisi III DRPD Kabupaten Bogor Achmad Fathoni berharap Pemerintah Kabupaten Bogor bisa membantu pergerakan tersebut melalui kecamatan, desa, hingga masyarakat umum.

“Kami berharap kegiatan WCD 2021 ini menjadi titik awal untuk bersinergi antara dinas, perusahaan, bank sampah maupun komunitas lain yang sebenarnya juga terus bergerak untuk lingkungan,” imbuhnya.

Dia menyampaikan juga kepada Kadis LH, agar WCD ini menjadi kegiatan bersama semua elemen baik Komunitas, aktivis lingkungan, pemerintah dalam hal ini Pemkab Bogor maupun masyarakat umum.

“Dan untuk bisa menggalang kekompakan semua pihak itu kami membutuhkan dukungan support dari DLH, antara lain untuk menyampaikan ke Ibu Bupati Bogor agar dibuat surat edaran kepada seluruh institusi di Kabupaten Bogor melalui jalur kecamatan dan desa, serta melalui jalur SKPD-SKPD, badan dan lain sebagainya,” lanjut politisi PKS ini.

Fathoni juga meminta DLH untuk membuat edaran kepada perusahaan-perusahaan agar turut serta mensupport kegiatan ini. “Terutama giat pembersihan sampah di masing-masing institusinya. Yang perlu disepakati tanggal pelaksanaannya jatuh pada tanggal 12-19 September, dan dalam kondisi pandemi ini, kita tak mengharuskan melakukan kegiatan di hari yang sama,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap agar dinas bisa membantu proses sosialisasi, proses edukasi yang menurutnya bisa dilakukan melalui kerjasama webinar, maupun video-video sosialisasi dan dukungan flyer. “Serta pemasangan spanduk oleh institusi yang lain termasuk semua elemen masyarakat juga mengajak KRL dan bank sampah yang telah dibina oleh DLH,” tuturnya.

Lebih lanjut, Achmad Fathoni yang juga membidangi salah satu isu tentang sampah sangat mengapresiasi dan sangat berbahagia atas adanya pertemuan ini.

“Akhirnya menghasilkan agenda bersama untuk suksesnya WCD 2021. Saya mendorong DLH untuk mengagendakan ini masuk pada program resmi dan dianggarkan di APBD di 2022, supaya nanti rangkaian acaranya bisa berlanjut tidak berhenti di momentum WCD 2021, tapi berlanjut untuk rangkaian WCD tahunan. Antara lain rangkaiannya bisa dengan BKGC  atau Bogor Antik kemudian bisa juga dirangkaikan dengan Hari Bumi, Hari Peduli Sampah dan seterusnya,” lanjutnya.

Menurutnya, gotong royong bersama adalah jalan mengatasi permasalahan-permasalahan terkait sampah ini, maka ia pun mengajak awak media untuk ikut serta, baik disosialisasi, edukasi maupun nanti di hari pelaksanaan agar bisa bersama-sama melakukan pembersihan sampah.

“Pak kadis juga menyampaikan insya Allah siap support truk sampah untuk membuang residu sampah yang dihasilkan dari pembersihan selama kegiatan WCD 2021,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles