33.7 C
Bogor
Tuesday, April 30, 2024

Buy now

spot_img

Bupati Harapkan Pramuka Berbakti Lawan Pandemi

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Bupati Bogor Ade Yasin ingin Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka Ke-60 dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan peran gerakan Pramuka berbakti dalam melawan pandemi Covid-19 dan semangat hidup sehat, itu diungkapkan Bupati Bogor saat memperingatI HUT Pramuka Ke – 60 Tingkat Kwarcab Kabupaten Bogor, di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Sabtu (14/8).

Ade Yasin

Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 Peringatan HUT Pramuka Ke – 60 Tingkat Kwarcab Kabupaten Bogor, harus dilakukan terbatas secara virtual. Meski demikian hari ini 14 Agustus 2021 merupakan hari spesial yang disambut suka cita oleh anggota Gerakan Pramuka, karena organisasi Pramuka berusia 60 tahun. Untuk itu dijadikan HUT Pramuka ke-60 sebagai momentum untuk meningkatkan peran gerakan Pramuka berbakti dalam melawan pandemi Covid-19 dan semangat hidup sehat.

“Sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah-pecahkan, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka, karena peringatan hari Pramuka menuju rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan kesatuan dalam wadah tunggal,” ungkapnya.

Menurut Ade Yasin, walaupun kita gembira mengikuti peringatan Pramuka dan sekaligus merayakan 60 tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi karena Covid 19 yang telah berlangsung sejak setahun yang lalu, membuat kita harus disiplin dan prihatin dan saling membantu menanggulangi Covid-19. Itulah sebabnya bertepatan dengan HUT Pramuka, maka diingatkan agar Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional, seperti yang tertuang dalam tema HUT Pramuka ke-60 ini, sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

“Kami telah membentuk Satgas untuk membantu menangani Covid-19, berbagai hal yang sudah dilakukan mulai pembagian APD,  melaksanakan vaksinasi , diharapkan Pramuka bisa menjadi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dan bergotong-royong menanggulangi pandemi Covid-19. Mari kita peringati Gerakan Pramuka ini dengan semangat, tetap berupaya hidup sehat, jangan pernah menyerah dan putus asa agar Pramuka terus bergiat dan berbakti tanpa henti,” tuturnya.

Selanjutnya, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, Agus Ridallah menuturkan, beberapa rangkaian kegiatan peringatan HUT Pramuka ke-60 dilakukan untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Bogor yakni, kegiatan pelaksanaan vaksinasi dan menjadi tim relawan di setiap kegiatan vaksinasi, jadi setiap kegiatan Kabupaten Bogor maupun kecamatan, seluruh anggota Pramuka turun untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi. Kemudian  kedua adalah kegiatan pelatihan tangguh inovatif yang dilaksanakan secara virtual.

“Kemudian ada pembagian sembako yang dibagikan kepada masyarakat, kami juga memberikan bantuan berupa laptop, webcam, mouse untuk mendukung kegiatan Pramuka dalam masa pandemi covid-19,” katanya.

Tambah Agus Ridallah mengatakan, saat ini berbagai kegiatan serba terbatas karena masih kondisi pandemi Covid-19. Dari tahun 2020 hingga saat ini, dirinya kesulitan untuk menyelenggarakan kegiatan Pramuka secara offline, meski demikian dirinya tetap menyelenggarakan secara daring. Juga gencar melakukan penyebaran informasi membatu Pemkab Bogor melalui berbagai media sosial, website, youtube dan lainnya melalui Program Pasti Hebat.

 “Program pasti hebat ketiga yaitu tata kelola transaksi profesional, tujuannya terwujudnya transaksi gugus depan yang modern. Total gugus depan yang telah terakreditasi di Kabupaten Bogor sekitar 128 gugus depan. Selanjutnya pengabdian kepada masyarakat secara langsung secara maksimal dan terus menerus, melengkapi sarana Protokol Kesehatan peduli kepada masyarakat,” tutupnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles