27.3 C
Bogor
Saturday, May 25, 2024

Buy now

spot_img

Bupati Berharap Vaksinasi Remaja Tingkatkan Kesadaran Pelajar Akan Kesehatan

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Bupati Ade Yasin ingin pencanangan vaksinasi remaja dapat meningkatkan kesadaran pelajar akan kesehatan. Dirinya juga meminta agar pihak sekolah, Puskesmas dan kecamatan kolaborasi untuk mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi terhadap remaja, dengan target 5.000 remaja yang divaksinasi setiap pelaksanaannya. Hal itu ditegaskan Bupati Bogor saat membuka kegiatan pencanangan vaksinasi remaja di Stadion Pakansari, Kamis (11/8).

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, kegiatan vaksinasi remaja akan terus dilaksanakan di semua sekolah mulai dari tingkat SMP, SMA secara bertahap, agar tidak menimbulkan kerumunan dan menyesuaikan ketersediaan vaksinasinya.

“Setiap pertemuan 5.000 peserta vaksinasi remaja, mudah-mudahan terkendali seperti hari ini. Melalui vaksinasi remaja ini juga saya berharap semua sadar akan kesehatan, sehingga program vaksinasi untuk remaja ini berjalan dengan sukses. Target hari ini 5.000 untuk pelajar,” ungkap Ade Yasin dalam press release Diskominfo.

Tambah Ade Yasin, perlu pengaturan jadwal oleh masing-masing sekolah, berkolaborasi dengan kecamatan dan Puskesmas bahkan bila perlu melalui vaksinasi keliling ke sekolah-sekolah.

“Kita atur waktunya sedemikian rupa sehingga semua kebagian. Puskesmas tetap memberikan pelayanan. Puskesmas juga jangan menolak, misalkan ada anak yang rumahnya dekat dengan Puskesmas, mau vaksin kedua, di Puskesmas tidak masalah,” katanya.

Bupati Bogor menjelaskan, vaksinasi di Kabupaten Bogor belum mencapai 70%, berbeda dengan Jakarta sudah 70% sehingga Jakarta ada aturan untuk masuk mall dengan kartu vaksin, kalau Kabupaten Bogor belum diarahkan untuk buka mall, karena vaksin kita belum sebanyak Jakarta.

“Kita ikuti saja ketentuan pemerintah untuk menahan dulu, saat ini sudah sekitar 900 ribuan yang vaksin, target kita kan 1,2 sampai akhir Agustus, lalu nanti pemerintah juga akan terus memberikan vaksin, rencana empat juta dosis yang akan disampaikan ke Kabupaten Bogor secara bertahap, jadi akhir 2021 Desember diharapkan sudah 70% yang akan kita vaksin. Target kita yang sehari dilaksanakan kecamatan 2.000 per hari, akan kita naikkan 4.800 per kecamatan per hari,” paparnya.

Lanjut Ade Yasin, dirinya berencana akan melakukan vaksinasi keliling kepada masyarakat Lanjut Usia (Lansia) terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh vaksinasi massal. Begitu juga vaksinasi keliling akan dilakukan ke pondok pesantren dan kaum difabel.

Sementara itu, turut hadir dalam peninjauan pelaksanaan vaksinasi remaja, Danrem 061, Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan bahwa Kabupaten Bogor bekerjasama melakukan kegiatan vaksinasi ini dengan TNI, Polri, dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Karena semua intinya bekerja dengan baik untuk melayani pelaksanakan vaksinasi kepada masyarakat, kita pun bisa melaksanakannya bergantian, mungkin hari ini TNI, mungkin besok dilaksanakan dari Polisi, dan Dinkes,” ujarnya.

Terakhir, Brigjen Achmad menyampaikan bahwa target vaksinasi sudah mengarah kepada para pelajar SMP dan SMA, dengan harapan melakukan vaksinasi bisa segera melaksanakan kegiatan belajar tatap muka.

“Kemarin kita sudah melaksanakan vaksinasi 260 ribu orang, target kita pun sudah mulai mengarah kepada pelajar SMP dan SMA kita perbanyak dengan harapan segera ada pembelajaran tatap muka,” ungkapnya.

** Nay Nurain/Diskominfo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles