Bertabur Hadiah, Pelatihan Petani dan Penyuluh Gelombang 5 Riuh oleh Peserta dari Seluruh Indonesia

0


Bogor | Jurnal Inspirasi

Pelatihan Petani dan Penyuluh gelombang 5 bertabur hadiah yang diikuti belasan ribu penyuluh dan petani di berbagai wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Papua, Senin (9/8/2021).

Penyelenggara dari Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor membagikan puluhan hadiah voucher paket data dan uang elektronik pada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri.

Kegiatan dibuka Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi yang dengan semangat menyapa peserta dan mengajak petani meningkatkan produktivitas berbagai komoditas pertanian agar bisa bersaing dipasar lokal maupun global.

“Saya sangat gembira dan senang bertemu dengan para petani dan penyuluh. Luar biasa. Kunci untuk bisa kompetitif, berdaya saing dipasar adalah meningkatkan produktivitas, efisiensi, menekan biaya produksi serendah – rendahnya. Produktivitas rendah tak mungkin bisa bersaing, “ ungkapnya.

Hal ini sejalan dengan harapan Presiden yang disampaikan saat membuka pelatihan secara virtual dari Istana Bogor dan ditanggapi langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Mentan berjanji akan terus meningkatkan kualitas SDM dan manajemen pertanian yang ada agar menjadi lebih maju, mandiri dan modern.

Terlebih, ia menilai pertanian sebagai sektor yang pasti menjanjikan dan menguntungkan.
Semangat Dedi menular kepada peserta. Antoni Fajar penyuluh di Kecamatan Blang Pidie Aceh Barat misalnya. Ia menyambut baik pelatihan yang dianggapnya sebagai bentuk perhatian Kementerian Pertanian kepada petani dan penyuluh di daerah.

“Kedepan harus lebih sering pelatihan seperti ini, kami didaerah merasa diperhatikan, “ ujarnya
Ia mengharapkan lebih banyak lagi materi yang berkaitan dengan penyuluhan disampaikan, sebagai bekal dirinya dalam meningkatkan kompetensinya sebagai penyuluh.

Fredi Polakitan petani dari Poktan Story Maesaan Waya Kabupaten Tomohon Sulawesi Utara merasa puas dengan materi – materi yang disampaikan. Pengolahan pupuk menurutnya menjadi pengetahuan yang harus dikuasai petani begitu juga dengan materi yang menyangkut Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Pelatihan yang berguna bagi petani, apalagi kami sedang semangat – semangatnya mengelola kelompok tani. Semoga terus berlanjut sebagai pengalaman dan menambah informasi, “ ucapnya.

Seperti diketahui BPPSDMP menggelar event besar, Pelatihan Petani dan Penyuluh. Pelatihan ini sebagai upaya Kementerian Pertanian dalam menggenjot SDM untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan daya saing sehingga berujung pada peningkatan produksi. Kebangkitan pertanian harus diawali dari kebangkitan SDM, yaitu petani, penyuluh, petani milenial, poktan dan gapoktan.

Pelatihan dilaksanakan secara serentak secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian, Jumat (6/8).

** Regi/PPMKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here