24.6 C
Bogor
Tuesday, May 14, 2024

Buy now

spot_img

Samisade di Desa Ciangsana Beton Jalan Perbatasan dengan Bekasi

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mulai merealisasikan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahap satu dengan membangun jalan yang berbatasan langsung   dengan jalan Kota Bekasi.

Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra mengatakan, anggaran Samisade yang diberikan oleh Bupati Bogor, Ade Yasin tersebut digunakan untuk betonisasi jalan yang berlokasi di dua dusun yakni Dusun 3 dan Dusun 7 dengan tiga RW.

“Alhamdulillah dengan sudah dicairkannya program Samisade tahap satu untuk Pemdes Ciangsana, kita melakukan betonisasi jalan yang menghubungkan langsung dengan Kota Bekasi,” kata Udin saat ditemui di lokasi pengerjaan betonisasi kepada Jurnal Bogor, Senin (9/8/21).

Dia menambahkan, kegiatan betonisasi tersebut memiliki panjang 1.138 meter, lebar 4 meter dengan ketebalan 0.15 dan memprioritaskan kualitas. Hal itu dilakukan agar jalan yang dibangun menggunakan anggaran Samisade tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh warga dengan waktu yang lama.

“Pembangunan jalan ini dikerjakan sesuai spek yang sudah diberikan. Kami juga mementingkan kualitas coran dengan memakai NFA K 300 agar lebih tahan lama dan tidak mudah retak. Dengan begitu manfaatnya dapat dirasakan berkepanjangan oleh masyarakat,” sambung Kades.

Udin sapaan akrabnya memaparkan, dengan adanya program Samisade yang diberikan kepada Pemdes Ciangsana untuk kepentingan masyarakat tersebut dapat meningkatkan laju perekonomian warganya.

“Kalau jalan sudah bagus yang didanai dari Samisade ini kan perekonomian bisa berjalan dengan baik. Apalagi, jalan yang dibangun ini menghubungkan antara Kabupaten Bogor, khususnya Desa Ciangsana menuju ke Kota Bekasi langsung,” paparnya.

Dalam pengerjaan betonisasi, lanjut Udin, pihaknya mempekerjakan warga sekitar dengan program padat karya dengan tidak melibatkan pihak ketiga agar masyarakat Ciangsana bisa menerima upah ditengah sulitnya mencari pekerjaan dimasa Pandemi Covid 19 tersebut. “Semua pekerja kita karyakan warga sekitar lingkungan agar merasakan manfaat dari adanya program Samisade ini,” pungkasnya.

Sementara itu saat melakukan monitoring, Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Gunung Putri, Adhitia Nugraha mengatakan, penyambungan betonisasi lewat program Samisade di Desa Ciangsana sudah sesuai dengan perencanaan.

“Saat kita lakukan monitoring pengerjaan proyek Samisade ini cukup bagus dan tidak ada masalah. Artinya sesuai dengan spek yang sudah diajukan,” ungkapnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles