32.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Puluhan Karyawan PT TMM Geruduk Perusahaan Tuntut Pembayaran Gaji

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Puluhan karyawan PT Trinitans Medals and Mineral berdemo di depan gerbang pabrik yang berada di Kampung Parung Tanjung Nomor 89, Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (4/8).

Salah seorang karyawan PT TMM, Dodi Erwandi mengatakan, aksi yang dilakukan bersama teman – temannya adalah untuk menuntut haknya yang belum dikeluarkan oleh pihak perusahaan, mulai dari pembayaran gaji bulan Juni 2021 yang belum dibayarkan 30% lagi, ditambah sisa uang Tunjangan Hari Raya (THR) sebanyak 40% dan gaji pada bulan Juli 2021 ini sebanyak 100% yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan.

“Kami menuntut hak kami karena selama bulan Juni 2020 sampai dengan bulan Juli kami masuk kerja seperti biasa normal walaupun di dalam tidak ada pekerjaan,” jelasnya kepada Jurnal Bogor, Rabu (4/8).

Masih kata dia, dari 30 orang karyawan, ada 21 orang yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan yang 9 orang dirumahkan sejak tanggal 2 Agustus 2021, dengan uang PHK penawaran dari pihak manajemen 0.5 PMTK dengan mengacu kepada UUD Cipta Kerja dengan alas an pabrik merugi selama 2 tahun.

“Kami tidak menerima apa yang diajukan oleh pihak perusahaan karena ini adalah keputusan sepihak yang diambil oleh pihak perusahaan,” jelasnya.

Dia mengatakan, walaupun sudah dilakukan surat pemutusan hubungan kerja, sama sekali belum menerima uang sepeser pun sehingga jangankan uang pesangon, hak yang normatif saja masih banyak yang menggantung.

Selain itu BPJS Ketenagakerjaan yang seharusnya dibayarkan justru tidak disetorkan oleh pihak perusahaan yang diketahuinya setelah dicek di BPJSKU tidak ada tambahan saldo. “BPJS bulan September 2020 itu pun baru dibayarkan bulan Februari 2021, sedangkan periodik bulan Oktober 2020 sampai bulan Juli 2021 sudah dipotong di slip gaji, namun tidak disetorkan ke BPJS Ketenagakerjaan, hanya BPJS Kesehatan saja yang disetorkan oleh perusahaan,” pungkasnya.

Terpisah , Hendrawan Direksi PT Trinitan Medals and Mineral saat dimintai keterangan tidak memberikan jawaban perihal demo karyawannya. “Sebentar ya saya tidak bisa menjelaskan sedang dirapatkan,” katanya singkat.

Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles