Samisade Berdayakan Masyarakat Desa

0

Citeureup | Jurnal Inspirasi

Pelaksanaan program bantuan keuangan pembangunan infrastruktur desa yang populer disebut program satu miliar satu desa (Samisade) mampu memberdayakan masyarakat desa, terutama yang tinggal di sekitar lokasi kegiatan program tersebut.

Hal ini diungkapkan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Pemerintah Desa Sanja, Kecamatan Citeureup, Irwan Prasetyo. Dia menjelaskan, dari pelaksanaan program tersebut, selain terasa adanya manfaat fisik terbangunnya infrastruktur desa, juga berdampak perputaran ekonomi di desa.

“Masyarakat sekitar kami libatkan sebagai pekerja. Karena dalam program ini, sesuai arahan DPMD dan Kecamatan, digunakan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKDT),” ungkap Irwan Prasetyo, Selasa (3/8/2021).

Secara RAB 500 meter panjang, 3,5 meter lebar dan 0,05 ketebalan dengan lokasi di RT 04 RW 02 Kampung Sanja dan lama pekerjaan 12 hari  mulai 10 Juli sampai 13 Juli 2021.

“Iya secara pengajuan RAB 500 meter, namun secara ril di lapangan mencapai 625 meter karena kondisi dan situasi di lapangan berbeda ada yang 3,5 meter ada yang kurang karena ada yang mentok sama tembok atau memang jalanya ada yang kurang dari 3,5 meter lebarnya,” ujar Irwan.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here