29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Cihideung Udik dan Ibu PKK Buat Dapur Umum untuk Warga Isoman

Ciampea | Jurnal Bogor

Mencegah warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) mengalami kelaparan dan mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Pemerintah Desa Cihideung Udik, Kabupaten Bogor bersama ibu PKK membuat dapur umum untuk warga yang sedang isoman.

Diketahui sampai saat ini, di Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, sejak beberapa waktu hari lalu ada 15 orang yang melakukan isoman, baik di tempat isolasi di Kawaluyaan (sebuah vila yang dijadikan tempat isolasi) maupun yang sedang melakukan isoman di rumah masing-masing.

Menurut Sekdes Cihideung Udik, Gunawan Setiawan, pihaknya atas instruksi kepala desa selaku Gugus Tugas tingkat desa, selain menyediakan rumah isolasi untuk warga yang terpapar, juga telah menyediakan dapur umum guna memenuhi asupan makanan bergizi untuk mereka yang sedang melakukan isoman.

“Ini bentuk kepedulian Pemerintah Desa Cihideung Udik dibantu ibu PKK, kami menyediakan dapur umum dan yang memasak itu ibu-ibu PKK dibantu gugus tugas desa,” kata Sekdes Cihideung Udik, Gunawan Setiawan kepada wartawan, Selasa (13/7/2021).

Gunawan juga mengatakan di dapur umum itu, ibu-ibu PKK memasak setiap pagi mengolah masakan yang memiliki gizi tinggi seperti sayur-mayur dan tempe untuk warganya yang terpapar Covid-19. “Mereka setiap pagi diberi makanan yang bergizi agar pasien yang sedang melakukan isoman segera pulih,” katanya.

Setelah menu makanan untuk warga isoman selesai dimasak, dan dimasukan kedalam bok, gugus tugas langsung membagikan makanan tersebut ke rumah warga yang sedang isoman dan ditempat isolasi.

Lebih lanjut pihak desa untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 telah melakukan berbagai cara dan upaya, selain melakukan himbauan juga melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai titik. “Kami juga terus mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi guna meningkatkan herd Immunity guna mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. 

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles