34.1 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Melalui Padat Karya, Wisata Paspor Ingin Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Leuwiliang l Jurnal Inspirasi

Wisata Panorama Alam Pasir Pogor (Paspor) yang terletak di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, memiliki keindahan yang bisa mendongkrak pemulihan ekonomi bagi masyarakat setempat.

Hal ini dikatakan Ketua Paguyuban Masyarakat Paspor (PMP) Cohil Ansori. Wisata Paspor kata dia memiliki seluas tanah  dua hektar dan pihaknya bersama masyarakat sekitar berencana untuk membangun kampung wisata.

“Tujuannya adalah secara ekonomi agar bisa kembali stabil  ditengah pandemi Covid-19,” ungkap dia kepada wartawan, kemarin.

“Kita memiliki rencana dengan delapan poin untuk mengembangkan ekowisata di kampung paspor, namun yang baru terlaksana hanya empat poin, yaitu kolam renang, taman buah, camping ground, dan curug,” tandasnya.

Menurut cohil, konsep yang belum terlaksana yaitu wisata edukatif, arum jeram, wisata kuliner, serta ditambah edukasi perikanan dan pertanian. Meskipun terhimpit oleh ekonomi, pihaknya optimistis akan segera terbentuk delapan poin unggulan  Wisata Paspor tersebut.

“Mudah-mudahan segera terwujud, ini baru kita menghayal akan tetapi segera terlaksana, yang terpenting masyarakat optimis,” ujarnya.

Cohil menuturkan, wisata tersebut baru beroperasi pada tahun 2020 dengan kondisi pandemi Covid-19 dan tentunya memiliki tantangan tersendiri, sehingga masyarakat sekitar juga ikut terlibat.

Sedangkan perizinannya telah dimiliki terhitung hampir enam bulan lalu. “Kami dengan penggagas Wisata Paspor bersepakat untuk memajukan dan berupaya mengubah mindset masyarakat. Alhamdulillah dengan dorongan  semua pihak dan semangat masyarakat maka wisata tersebut  bisa terwujud,” jelasnya.

Cohil mengatakan, dari awal pembangunan hingga bisa dirasakan oleh masyarakat, merupakan hasil kerja keras masyarakat sekitar dan juga pemilik tanah, sehingga saling bersinergi agar rencana pembangunan kampung wisata bisa segara terlaksana.

“Proses pembangunan dilakukan dengan cara manual, menggunakan alat seadanya masyarakat bahu membahu  menggarap wisata ini dan progres pengembangan adalah destinasi wisata dengan dibangunnya kampung wisata,” tukasnya.

 ** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles