Home Potret Desa Sembilan Desa di Kecamatan Cigombong Sediakan Ruang Isolasi

Sembilan Desa di Kecamatan Cigombong Sediakan Ruang Isolasi

Asep Achadiyat Sudrajat

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Sembilan desa di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, mengubah sebagian ruangannya dijadikan ruang isolasi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19 di wilayah perbatasan antara Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Sukabumi.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kecamatan Cigombong, Asep Achadiyat Sudrajat mengatakan, penyediaan ruang isolasi di setiap desa memang sengaja dilakukan guna menghindari terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19.

Sebab, ada beberapa desa di Kecamatan Cigombong masuk kedalam angka kasus positif Covid-19 lumayan tinggi, seperti Desa Ciburuy sebanyak 24 kasus aktif. “Ruangan isolasi tersebut memiliki sejumlah fasilitas medis seperti tempat tidur, oksigen, dispenser lengkap berikut meja,” ujar Asep kepada wartawan.

Kecamatan Cigombong dengan jumlah penduduk mencapai 92.337 yang terdiri dari 310 RT, dan saat ini ada 27 RT di 9 desa memiliki kasus positif Covid-19 dengan jumlah 45 orang atau 8,71 persen RT ada yang terpapar. Sementara, 91,29 persen RT bebas Covid-19.

 “Ada dua desa memang masuk zona hijau atau tidak ada kasus positif Covid-19 yaitu Desa Pasir Jaya dan Ciburayut yang nol kasus,” bebernya.

Sementara, Sekdes Cisalada Muhamad Busrol Karim mengatakan, ruang isolasi yang ada di Desa Cisalada ini sebelumnya sebagai ruangan Puskesdes. Namun sejak satu bulan ini diubah menjadi ruang isolasi. “Memang belum ada yang datang warga mau diisolasi disini,” ucapnya.

Meski demikian, Satgas Covid-19 Desa Cisalada tetap memberikan support kebutuhan sehari-hari bagi warga yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi di rumahnya. “Kalau memang tidak mau isolasi di desa, paling kita kasih bantuan sembako buat sehari-harinya, kita kirim ke rumahnya,” pungkasnya.

Berikut peta penyebaran Covid-19 di 9 Desa di Kecamatan Cigombong:

Watesjaya 3 kasus positif Covid-19
Cigombong 7 kasus
Ciburuy 24 kasus
Pasir jaya 0
Cisalada 1 kasus
Tugu jaya 3 kasus
Ciburayut 0
Ciadeg 2 kasus
Desa Srogol 5 kasus

** Dede Suhendar

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version