32 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Warga Cisaranteun Leuwisadeng Was-was Pergerakan Tanah

Leuwisadeng | Jurnal Inspirasi

Desa Wangun Jaya, Kecamatan Leuwisadeng tepatnya di Kampung Cisaranten, Desa Wangun Jaya dikejutkan dengan kondisi pergerakan tanah yang terjadi beberapa hari ini.

Meskipun lokasi pergerakan tanah itu jauh dari pemukiman, namun warga di sana merasa was-was dan mengakibatkan perkebunan dan sawah warga tidak bisa digarap lagi.

“Kalau dari pemukiman jauh jaraknya sekitar 1000 meter, tapi yang dikhawatirkan jika terjadi hujan deras bisa mengancam keselamatan warga yang tinggal di bantaran kali,” kata Opik, warga sekitar.

Warga khawatir terjadinya pergerakan tanah yang lebih besar mengingat sampai saat ini pergerakan tanah terus terjadi pada malam hari dengan skala kecil.

“Terakhir Sabtu malam pergerakan sampai menutup aliran sungai Cisaranten,” katanya.

Sementara itu Camat Leuwisadeng Rudy mengatakan saat ini kondisi disana mulai kondusif, bahkan pihaknya bersama BPBD Kabupaten Bogor sudah meninjau lokasi pergerakan tanah di Kampung Cisaranten 3, Desa Wangun Jaya.

“Sifatnya pergerakan tanah, untuk jarak lokasi ke pemukiman warga, baik dari perumahan kampung Batu Dua maupun ke kampung Cisaranten 3 berjarak kurang lebih 2000 meter, “kata Rudy Mulyana kepada wartawan, Sabtu (26/6/2021).

Lanjut Rudy untuk luas pergerakan tanah kurang lebih 200 meter dengan bentangan dari hulu ke hilir dan diperkirakan 1000 meter memanjang.

“Pergerakan tanah tersebut mengakibatkan sebagian perkebunan dan pesawahan warga tidak bisa di garap kembali dan Aliran Sungai (DAS) tertutup namun masih bisa mengalir,” katanya.

Sementara segala aktivitas pertanian dihentikan dulu untui mengantisipasi pergeseran tanah yang lebih besar.

“Diimbau masyarakat untuk tetap waspada,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan/Arif Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles