30.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Ajak Minat Vaksinasi, Kades Tegal Waru Suntik Vaksin untuk RT dan RW Plus Insentif

Ciampea | Jurnal Inspirasi

Angka Covid-19 di beberapa wilayah kembali meningkat, Gugus Tugas Covid-19 pusat hingga tingkat desa terus melakukan upaya pencegahan selain melakukan kegiatan PPKM  skala mikro, upaya meningkatkan kekebalan kelompok atau herd immunity terus dilaksanakan dengan menggencarkan vaksinasi.

Seperti yang dilakukan di salah satu desa di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Pemerintah Desa Tegal Waru melaksanakan vaksinasi untuk staf desa dan para ketua RT dan RW. Namun untuk menarik minat para ketua RT dan RW yang takut divaksin, pemeritah desa melakukan kegiatan vaksinasi dengan dibarengi pembagian insentif atau honor RT RW.

“Ini untuk menarik minat ketua RT dan RW yang takut untuk disuntik vaksin,” kata Kades Tegal Waru Nunung Nuriah kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Nunung Nuriah kembali menegaskan bahwa Pemerintah Desa Tegal Waru menginstruksikan kepada para ketua RT maupun RW pada saat pembagian insentif RT dan RW di wilayahnya itu disertakan dengan kegiatan vaksin dan jika tidak mau divaksin, insentif akan ditahan terlebih dahulu.

“Makanya tadi saya utamakan RT/RW yang sudah disuntik vaksin terdahulu saya utamakan pertama kali dia dapat (insentif) gak usah antre tapi yang belum sekarang divaksin belum saya bagikan,” kata Nunung.

Nunung Nuriah berharap dengan adanya vaksinasi di wilayahnya terhadap para ketua RT dan RW bias menjadi contoh bagi warganya agar tidak takut menjalani vaksinasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya vaksin di desa ini, RT RW sebagai contoh untuk ke masyarakatnya memberitahukan kepada warga bahwa divaksin itu wajib untuk mencegah penyebaran penularan virus mumpung sekarang ada program,” harapnya.

Terpisah, Kepala Bagian TU, Puskesmas Pasir Rosaria menjelaskan, hari kedua vaksin ini sasaran yang divaksin selain Lansia juga masyarakat yang secara langsung bersinggungan dengan masyarakat, seperti pelayan publik diantaranya guru dan pedagang.

“Target kita adalah mereka yang menjadi pelayan publik dan yang bersinggungan langsung tiap hari dengan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memberikan kekebalan tubuh high immune yang bisa menambah daya tahan tubuh dan kekebalan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19,” kata Rosaria.

Dalam kegiatan vaksin massal ini pihak puskesmas menyediakan 150 vaksin setiap harinya yang diberikan secara bergilir setiap minggunya dari pukul 09.00 WIB pagi hingga selesai sampai dengan Agustus mendatang.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles