25.5 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Bogor Terancam Memerah

Hari Ini, Ada Tambahan 204 Kasus Positif

Bogor | Jurnal Inspirasi

Situasi Kota Bogor semakin genting, dan terancam kembali tergelincir ke zona merah. Pasalnya, pada Kamis (17/6) jumlah kasus positif di Kota Bogor bertambah 204 orang. Angka tersebut tertinggi sejak pandemi berlangsung pada Maret 2020 lalu. Sebelumnya, pada Februari 2021 angka kasus positif sempat menembus 182 pasien dalam satu hari.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, situasi Kota Bogor harus segera disikapi secara serius, apalagi saat ini ketersediaan tempat tidur rumah sakit atau Bed Occupancy Ratio (BOR) telah menembus 60 persen atau sudah melebihi ambas batas yang ditetapkan WHO.

“Atas dasar itu, kami sudah menyiapkan beberapa langkah untuk dilakukan. Tambahan 204 kasus positif ini adalah yang tertinggi sejak pandemi Covid-19 berlangsung,” ujar Bima, Kamis (17/6).

Bima meminta agar seluruh masyarakat Kota Bogor tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan menghindari kerumunan dengan tidak melaksanakan aktifitas yang melibatkan lebih dari 10 orang. “Bagi yang melanggar akan kami tindak tegas. Untuk warga yang telah merencanakan membuat kegiatan yang melibatkan lebih dari 10 orang silahkan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, kata Bima, seluruh kegiatan operasional restoran, cafe dan pertokoan harus tutup pada pukul 21.00 WIB. Begitupun dengan jam operasional pasar tradisional. “Nanti teknisya akan diumumkan oleh Perumda Pasar Pakuan Jaya,” katanya.

Menurut Bima, fasilitas publik seperti pedestrian lingkar SSA yang biasa digunakan warga untuk berolahraga juga akan ditutup pada Sabtu dan Minggu. Sementara untuk tempat wisata, diwajibkan setiap pengunjungnya mengantungi hasil rapid antigen. “Kapastitas tempat wisata juga tak boleh lebih dari 50 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo mengatakan bahwa pemberlakuan Ganjil Genap (Gage) akan diterapkan pada Sabtu dan Minggu dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Terdapat lima titik Chek point’ untuk penerapan Gage. Kelima titik tersebut diantaranya adalah di Simpang Baranangsiang, Jalan Pajajaran atau tepatnya di depan restoran Bumi Aki, Air Mancur, Jembatan Merah, dan Jalan Empang.

“Di Empang kita akan buat rekayasa lalu lintas. Nantinya akan dibuat satu arah,” katanya.

Selain itu, kepolisian juga dapat menutup Tol Jagorawi ke arah Kota Bogor secara situasional. “Kami bisa melakukan penutupan sevara situasional,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles