25.3 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Bendungan Cibongas yang Jebol, Diperbaiki dengan Anggaran DAK Tahun Ini

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Bendungan Cibongas yang terletak di Kampung Babakanliud, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, yang  jebol pada Januari 2020 lalu dijadwalkan akan dilakukan perbaikan pada awal Juli 2021. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Irigasi Kelas A Wilayah V melalui pengawas pengairan Asep Fudin saat dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan, pembangunan bendungan Cibongas tersebut sudah masuk ke program kegiatan di tahun 2021.

Perbaikan bendungan kali Cibongas masuk pada anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBD Kabupaten Bogor yang direncakan pada awal Juli pengerjaannya sudah dilaksanakan. “Setelah bulan Juni ini, sepertinya kita sudah ekstra di lapangan untuk perbaikan bendungan tersebut,” ujar Asep Fudin kepada Jurnal Bogor, Kamis (17/6).

Pengerjaan reguler kata dia berupa rehab berat dan dalam waktu dekat ini akan segera dimulai. Sebelumnya diberitakan, Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman menuturkan, setelah jebolnya bendungan kali Cibongas pasokan air untuk mengairi pesawahan sering tersendat dan petani kerap mengalami gagal panen.

“Akibat jebolnya bendungan, sawah seluas 45 hektare yang meliputi Kalongliud dengan Desa Hambaro saat ini tak bisa dimanfaatkan secara maksimal,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles