Sikapi Pesan Berantai, Kades Sidak PT. Parisindo Pratama

0

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke PT. Parisindo Pratama sesuai arahan Camat Gunung Putri, Kabupaten Bogor selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Gunung Putri. Upaya kades tersebut menyikapi pesan berantai terkait dugaan banyaknya karyawan PT. Parisindo yang terpapar Covid-19.

Pada WhatsApp ramai adanya dugaan klaster baru penyebaran Covid-19 dialami 150 orang karyawati PT Parisindo Pratama terpapar Covid 19.  “Kami berkoordinasi dengan Puskesmas (Bidan Ida), koordinator lapangan Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19 Desa Gunung Putri (H Dzaenal), Bhabinkamtibmas (Andis Wiraatmoko), Babinsa (Priyo) dengan 2 kendaraan ambulance Puskesmas Desa Gunung Putri, secara Satgas Gunung Putri langsung menuju lokasi perusahaan,” jelasnya saat dikonfirmasi Sabtu (12/06/21).

Dalam monitoring di lapangan, lanjut Daman Huri, didapat keterangan dari HRD dan serikat pekerja PT PT. Parisindo Pratama membenarkan adanya karyawati yang terpapar Covid 19, namun tidak sebanya apa yang beredar di pesan berantai.

“Menurut keterangan Siswo, ketua serikat  karyawan yang pada tanggal 1 Juni 2021 mengadakan acara wisata ke daerah Bandung, sebanyak 48 orang yang beberapa hari kemudian mendapatkan laporan bahwa 7 orang terpapar virus Covid 19,” kata Kades.

Menurutnya sudah ada 5 orang yang pulang ke rumahnya masing-masing dan juga ada yang dalam pengawasan karantina mandiri, yang 1 orang masih dalam rawat inap di Rumah Sakit Merry Cileungsi, 1 orang di Rumah Sakit Thamrin Jakarta.

“Dari ke-7 orang terpapar positif Covid 19 ini, 5 orang warga ber-KTP luar Desa Gunung Putri, 2 orang ber-KTP Desa Gunung Putri namun domisili tinggal di wilayah Desa Bojong Nangka dan Desa Cileungsi,” ungkap Daman Huri.

Dia sebagai Ketua Gugus Desa dalam arahannya, Pemdes Gunung Putri akan terus bergerak cepat ketika mendapatkan laporan warga yang terkena virus Covid-19 ini. “Dan memerintahkan kepada koordinator lapangan Gugus Covid-19 H Dzaenal untuk terus memantau dan membantu  2 orang warga Gunung Putri yang masuk dalam daftar terpapar,” ucapnya.

Daman Huri pun melakukan imbauan kepada perusahaan untuk terbuka mengenai perihal penyebaran virus Covid-19 ini. “Juga kami imbau kepada perusahaan agar dapat terbuka dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Gunung Putri mengenai kemungkinan penyebaran virus Covid 19 ini,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here