27.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Kementan Dukung Program Milenial Smartfarming di Buleleng-Bali

Malang | Jurnal Inspirasi

Menteri Pertanian DR. Syarul Yasin Limpo., SH,.M.Si.,MH dalam arahannya menjelaskan Kementerian Pertanian telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu Pertanian Maju, Mandiri, dan Modern. Arah kebijakan ini menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, tepat, dan cepat bagi jajaran Kementerian Pertanian dalam mencapai kinerja yang lebih baik, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memanfaatkan teknologi mutakhir, dan korporasi petani sesuai arahan Bapak Presiden.

Kementerian Pertanian berkomitmen menyiapkan SDM pertanian yang berjiwa wirausaha, oleh karenanya salah satu program utama Kementerian Pertanian dalam menjamin produktivitas, kontinyuitas dan ketahanan pangan adalah penumbuhan 2,5 juta pengusaha pertanian milenial sampai dengan tahun 2024.

Kementerian Pertanian akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada petani-petani milenial dalam menumbuhkan wirausaha muda pertanian.

Selanjutnya SYL mengajak semua stakeholder di Kabupaten Buleleng untuk bersinergi mendukung milenial smartfarming dalam mewujudkan Pertanian yang menjamin kelestarian alam yang dicanangkan oleh Bupati Buleleng dengan skala kabupaten. Sehingga masyarakat Bali yang menggantungkan pendapatan dari sector pariwisita akan mampu tumbuh ditengah pandemic covid 19.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Prof. DR. Ir. Dedy Nursyamsi. M.Agr. memberikan suprot penuh terhadap tumbuh kembangnya Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Petani Muda Keren di Buleleng Bali, yang mendapat amanah kerjasama dalam mengembangkan Milenial Smartfarming di seluruh Provinsi Bali.

Selanjutnya bentuk suprt BPPSDM diwujudkan melalui Hibah dukungan penguatan kelembagaan P4S berupa sarana prasarana pelatihan. Sehingga fungsi P4S semakin optimal.

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu dalam menindaklajuti arahan Kepala BPPSDM Pertanian, telah melakukan seleksi terhadap P4S di Provinsi Bali, dan 5 P4S ditetapkan menjadi penerima Hibah Penguatan Kelembagaan P4S, dari kelima P4S salah satunya adalah P4S Petani Muda Keren.

Dr. Wasis Sarjono., S.Pt.M.Si mendorong penuh peran P4S PMK yang telah mampu membangun jejaring kerjasama dengan berbagai stakeholders, diharampak P4S PMK mampu melahirkan petani milenial yang profesiaoal bukan saja di bali, tetapi secara nasional, Dr, Wasis mengakiri.

**Wasis Sarjono/BBPP Batu

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles