Home Potret Desa Serap Tenaga Kerja, Program Pisew di Sukaluyu-Hambaro Dirasakan Manfaatnya

Serap Tenaga Kerja, Program Pisew di Sukaluyu-Hambaro Dirasakan Manfaatnya

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) di Desa Sukaluyu dan Hambaro, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor  disambut baik warga. Lantaran program tersebut dinilai telah memberikan manfaat secara luas.

Kepala Desa Hambaro H Pirdaus mengaku bersyukur dengan  program tersebut karena penyerapannya telah dirasakan warga di dua desa. “Program Pisew digulirkan pada saat yang tepat, disaat masyarakat kesulitan mencari pekerjaan akibat terdampak wabah Covid-19,” ujar H Pirdaus kepada Jurnal Bogor, Rabu (9/6).

Menurutnya, jalan stapak kini  telah dilebarkan dengan menggunakan anggaran dari Kementrian PUPR sebesar Rp 600 juta  dalam program Pisew.

H Pirdaus mengatakan, kehadiran program Pisew itu, selain menunjang akses pendidikan dan pertanian, program pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), juga telah membuka lapangan pekerjaan bagi warga setempat.

“Dimasa pandemi ini, puluhan warga di dua desa mengaku bersyukur karena telah  mendapatkan pekerjaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Jumanta menerangkan, pengerjaan  jalan dari program Pisew diawali   dari titik Kampung  Sukamulya, Desa Sukaluyu menuju Kampung Legokkemang, Desa Hambaro sepanjang 680 meter dengan lebar 3 meter. “Pengerjaannya, termasuk TPT serta 2 titik pembangunan   jembatan  permanen,” ungkapnya.

Kehadiran jalan itu dibangun kata dia, sudah lama dinantikan warga. “Kedepan kami harap program tersebut bisa berkelanjutan. Khususnya di wilayah Kecamatan Nanggung yang memang masih banyak membutuhkan pembangunan,” jelasnya.

Maka itu, lanjut Jumanta, mewakili masyarakat di dua desa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah menggulirkan program Pisew  ke desanya.

** Arip Ekon

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version