25.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Kementan RI Gelar Pelatihan Tematik Peternakan

Malang | Jurnal Inspirasi

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID- 19) bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi telah berdampak pula terhadap memburuknya sistem keuangan yang ditunjukkan dengan penurunan berbagai aktivitas ekonomi domestik.

Untuk itu,  Pemerintah telah mengambil strategi kebijakan dan langkah-langkah luar biasa dalam rangka penyelamatan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan melalui berbagai kebijakan relaksasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) khususnya dengan melakukan peningkatan belanja untuk kesehatan dan pemulihan perekonomian.

Dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara dan pembiayaan, Pemerintah berusaha melakukan penyelamatan kesehatan dan perekonomian nasional. Menghadapi permasalahan tersebut Pemerintah  mengambil strategi kebijakan “Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)” UJAR Iwan Victor Leonardo & Muhammad Meirizky Ikhsan, KPKNL Palembang.

Menurut Dr. Wasis Sarjono, S.Pt M.Si, yang juga Kepala BBPP Batu saat membuka dan memberikan arahan pada kegiatan Pelatihan Tematik Peternakan yang di selenggarakan di Tuban pada 9-11 Juni 2021, mengatakan untuk mendukung program tersebut Menteri Keuangan bekerjasama dengan Kementerian pertanian melalui UPT Pusat.

Salah satunya BBPP Batu menggelar pelatihan Tematik Peternakan dengan mengambil judul materi pelatihan yang bersumber dari permasalahan yang ada dilapangan dengan harapan pelatihan ini benar – benar bisa berdampak pada kegiatan peternak yang ada di Kabupaten Tuban pada khususnya, di samping itu Program PEN  ditujukan untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat serta memulihkan perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Dimulai dari rumah tangga masyarakat yang paling rentan, lalu ke sektor usaha (UMKM). Pelan-pelan roda perekonomian mulai berputar. Dengan adanya program PEN diharapkan adanya  pertumbuhan ekonomi lanjut,” Wasis.

Kegiatan pembukaan pelatihan ini di hadiri oleh Kepala BBPP Batu, Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban Ir. Imron Qholik, M.Ling, Kepala Bidang Peternakan drh, Cipta Priyatna, dan 30 peserta dari petugas teknis dan penyuluh pertanian.

Materi inti yang disampaikan antara lain  memilih bahan pakan ayam petelur, menyusun formulasi pakan ayam petelur berdasarkan SNI, memilih bahan pakan sapi potong dan menyusun formulasi pakan sapi potong berdasarkan SNI ujar,” Catur Puryanto, SST selaku penyelengara pelatihan saat penyampaian laporan persiapan pelatihan.

** Catur/BBPP Batu

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles