Dinsos Ujicoba Aplikasi Solid

0

11.388 Data Warga Penerima Bantuan Dihapus

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Sosial (Dinsos) kini tengah mengujicoba aplikasi Sosial Integrasi Data (Solid) pada 68 kelurahan se-‘Kota Hujan’.

Kepala Bidang Data dan Penyuluhan Sosial pada Dinsos Kota Bogor, Okto Muhammad Ikhsan mengatakan bahwa pihaknya bersama Sekda Kota Bogor, Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan dan camat telah melakukan pembahasan mengenai aplikasi tersebut.

Kata dia, dalam pembahasan itu disepakati bahwa aplikasi Solid masih dalam proses ujicoba.

“Kami sudah mensosialisasikan kepada 68 kelurahan di acara bimtek bulan lalu, seluruh operator kelurahan dan kasi kemas kecamatan kita undang bimtek terkait aplikasi Solid ini,” ujar Okto didampingi Kasi Data dan Informasi Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Dinsos Kota Bogor, Rully Hasanul Basri pada Senin (31/5).

Okto menuturkan, Dinsos saat ini tengah melaksanakan pemutakhiran aplikasi Solid, dan setiap sebulan sekali hasil pemutakhiran disebar ke tiap kelurahan.

Menurutnya, dari pemutakhiran tersebut, dapat terlihat data warga yang sudah meninggal, pindah alamat maupun warga yang dinyatakan mapan secara ekonomi.

“Kami baru sekali ujicoba pemuktahiran data. Jadi dari 192. 469 warga yang terdata ada sekitar 11.388 yang dihapus,” jelasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here