33.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Jika Terkena DBD, Ini Pertolongan Pertamanya

Bogor | Jurnal Inspirasi

Tidak perlu menunggu semua gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) muncul, bila menemukan beberapa tanda, Anda bisa melakukan sejumlah pertolongan pertama demam berdarah sebelum membawanya ke dokter atau sarana kesehatan terdekat. DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Pada fase awal DBD, gejala dan tanda tidak spesifik. Oleh karenanya, patut waspada jika terdapat gejala dan tanda mengarah pada demam berdarah. Sebelum mengetahui pertolongan pertama demam berdarah, berikut penjelasan mengenai gejalanya.

Sebagaimana dikutip laman Kementerian Kesehatan RI, gejala demam berdarah pada fase awal antara lain:

– muncul bintik-bintik merah
– demam tinggi mendadak berlangsung sepanjang hari
– badan terasa lemah dan lesu
– ujung tangan dan kaki dingin berkeringat
– nyeri kepala
– nyeri saat menggerakkan bola mata
– nyeri punggung
– mual dan muntah

Gejala dan tanda awal ini dapat berkembang menjadi DBD berat dengan sejumlah tanda. Tanda peringatan ini biasanya dimulai dalam 24-48 jam setelah demam turun.

Gejala tersebut kadang disertai adanya tanda-tanda perdarahan, pada kasus yang lebih berat dapat menimbulkan nyeri ulu hati, perdarahan saluran cerna, syok, hingga kematian.

Berikut tanda dan gejala demam berdarah parah
– sakit perut
– muntah setidaknya 3x dalam 24 jam
– pendarahan dari hidung atau gusi
– muntah darah atau darah di tinja
– merasa lelah dan gelisah

Masa inkubasi penyakit ini 3-14 hari tetapi pada umumnya 4-7 hari. Berdasarkan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Demam Berdarah Dengue di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan, pertolongan pertama demam berdarah dapat dilakukan dengan:

1. Berbaring di tempat tidur (bed rest) selama mengalami demam
2. Minum obat pereda demam yang aman
3. Kompres tubuh dengan air hangat
4. Minum banyak air, sekitar 1-2 liter. Semua cairan diperbolehkan kecuali cairan yang berwarna coklat dan merah (susu coklat, sirup merah).
5. Bila terjadi kejang (jaga lidah agar tidak tergigit, longgarkan pakaian, tidak memberikan apapun lewat mulut selama kejang)

Jika dalam 2-3 hari panas tidak turun atau panas turun disertai timbulnya gejala dan tanda lanjut seperti perdarahan di kulit (seperti bekas gigitan nyamuk), muntah-muntah, gelisah, mimisan dianjurkan segera dibawa berobat/periksakan ke dokter atau ke unit pelayanan kesehatan untuk segera mendapat pemeriksaan dan pertolongan.

**ass/cnn

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles