26.2 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Klaster Griya Melati Ditetapkan KLB

58 Warga Dinyatakan Positif Covid-19

Bogor | Jurnal Inspirasi

Kasus Covid-19 pada klaster perumahan Griya Melati, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, terus menjadi fokus Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susattyo Purnomo pun kembali menggelar rapat untuk memutus mata rantai virus corona di kawasan hunian tersebut pada Minggu (23/5).

Menurut Bima, hingga Minggu (25/5) pukul 10.00 WIB, tercatat ada sebanyak 58 warga dinyatakan positif, dan masih ada yang menunggu PCR berdasarkan kontak erat.

“Saya minta yang sudah tes antigen untuk kembali di tes PCR. Sekarang kita fokus kepada yang sakit untuk semua dievakuasi ke BPKP atau ke RS, dan hari ini ada 21 orang yang dievakuasi,” ujar Bima kepada wartawan.

Bima mengatakan, warga yang telah sdinyatakan negatif akan dikarantina dan tidak boleh kemana mana. “Semuanya dibantu, logistik dan kepengurusan sampahnya dibantu,” katanya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya telah menyatakan bahwa kasus yang terjadi di Griya Melati sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), dan perlu adanya pembatasan aktifitas warga.

“Jangan sampai klaster ini menyebar ke tempat lain. Petugas, pengunjung dan yang lainnya akan dibatasi ketat. Mereka yang bertugas dipastikan orangnya tidak berganti-ganti dengan perlindungan APD maksimal, termasuk pendataan kontak erat yang masuk ke Griya Melati,” paparnya.

Lebih lanjut, kata Bima, apabila ada warga yang dites PCR dengan hasil negatif dan ada gejala klinis covid, harus diproses untuk mengetahui apakah itu termasuk jenis virus baru. Sebab, sambungnya, jika melihat perkembangannya penularan terjadi begitu cepat. Atas dasar itu, sebelumnya pemkot sudah berkomunikasi dengan Kemenkes.

“Jadi dalam waktu dekat, Kemenkes akan menurunkan tim kesini (Griya Melati) untuk melakukan pemeriksaan, apakah ada virus jenis baru dalam klaster Griya Melati ini,” katanya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles