Kades Diminta Hati-hati Dalam Penggunaan Bantuan Samisade

0

Ciawi | Jurnal Inspirasi
Penggunaan anggaran bantuan Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang dalam waktu dekat ini akan turun, menjadi salah satu pembahasan saat rapat mingguan yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Ciawi, Rabu (19/5).

Camat Ciawi, Adi Henryana menghimbau agar desa yang mendapatkan bantuan Samisade, lebih berhati-hati dalam melaksanakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tersebut.

“Ada berapa hal yang saya tekankan kepada kepala desa (Kades) yang tahun ini mendapat bantuan Samisade. Hati-hati dalam penggunaan anggaran itu,” ungkapnya kepada wartawan, usai rapat mingguan di aula Kecamatan Ciawi.

Camat pun meminta, agar desa lebih mempersiapkan diri saat bantuan di tahun anggaran 2021 turun, sehingga terhindar dari hal yang tidak di inginkan.

“Di tahun 2021 ini, bukan hanya program Samisade saja yang akan diterima desa. Tapi ada juga bantuan provinsi (Banprov) Jawa Barat (Jabar) maupun Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu),” jelasnya.

Untuk desa di Kecamatan Ciawi yang mendapatkan bantuan Samisade, lanjut Adi, berjumlah empat desa, yakni Desa Banjarsari, Citapen, Telukpinang dan Bojong Murni.

“Sisanya sembilan desa lagi masih dalam proses usulan di perubahan anggaran 2021 sekarang,” paparnya.

Adi berharap, dalam penyerapan semua anggaran bantuan ke 13 desa yang ada di Kecamatan Ciawi, tidak terjadi permasalahan apapun. Dan penyerapan anggaran dilakukan sesuai dengan perencanaan awal yang di ajukan desa masing-masing.

“Saya harapkan baik Samisade ataupun bantuan anggaran lainnya, berjalan dengan lancar serta tidak ada penyimpangan apapun,” tegas mantan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tersebut.

Sementara, Kades Banjarsari, Misbah mengungkapkan, untuk anggaran bantuan Samisade, dialokasikan kepada pembukaan akses jalan tembus antar desa.

“Penyerapan anggaran Samisade di desa kami, dialokasikan untuk membuka akses jalan baru. Rencananya jalan itu tembus ke desa lain yang ada di Kecamatan Megamendung,” tukasnya.

Selain para Kades, hadir dalam rapat mingguan itu para kepala UPT, MUI, KUA serta unsur Muspika Ciawi lainnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here