25.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Perguruan Silat Padjadjaran “Talek” 15 Pesilat

Bogor | Jurnal Inspirasi
Dalam suasana Ramadan, Perguruan Silat Padjadjaran Kota Bogor menggelar acara buka puasa bersama (bukber) sekaligus pengambilan sumpah (talek perguruan-red) yang diikuti sebanyak 15 anggota keluarga Perguruan Padjadjaran yang berlangsung di Pendopo Hegarmanah Mawar Nirwana Residance, Minggu (2/5/2021), dipimpin oleh Warno Wiro Menggolo selaku ketua perguruan.

Dikatakan Putra Sungkawa Dewan Pendekar Perguruan Silat Padjadjaran Kota Bogor, kegiatan bukber dan pengambilan sumpah perguruan yang dalam kesempatan buka puasa bersama itu pula bersama pereakilan 17 perguruan silat se-Kota Bogor ini bertujuan untuk membentuk jati diri seorang pesilat dalam mengenban amanah menjadi seorang pesilat sebenarnya.

“Hal ini dilakukan untuk membentuk jiwa seorang pesilat menjadi manusia yang berjiwa kestaria, berjiwa Pancasila dan dapat membawa nama baik pencak silat umumnya, selain itu guna menanamkan pada dirinya bahwa silat tidak untuk menjadikan orang itu ijin riya’ dan takabur,  dapat menahan diri dalam hal apapun, selain sehat jasmani,” ucapnya.

Putra menjelaskan, pengambilan sumpah ini dilatarbelakangi oleh banyak faktor, dirinya tidak menginginkan pada setiap anggota keluarga besar perguruan padjadjaran memiliki hati dan sifat ujub riya’ takabur, karena pada hakekatnya silat itu membentuk diri yang bersih jiwa dan sehat jasmani. Dan kata dia, apabila salah satu anggota keluarga tersebut melanggar akan di ingatkan oleh saudara seperguruan atau guru.

“Jangan pernah melakukan hal yang tidak baik untuk menjaga nama baik perguruan, serta menjaga Marwah ajaran Pencak Silat itu sendiri,  karena pencak silat mengajarkan kebaikan dan kebaikan ,” tegasnya.

** Handy Mehonk

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles