Jokowi Pastikan Lantik Menteri Baru dan Kepala Badan Riset

0
Joko Widodo

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Presiden Joko Widodo dipastikan akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle) dan sudah menunjuk menteri baru yang akan mengisi pos Kementerian Investasi dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, serta Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu (28/4) hari ini.

Dengan demikain, setidaknya, ada dua menteri yang dijadwalkan hadir dalam pelantikan terebut. Reshuffle merupakan konsekuensi dari keinginan Jokowi melebur Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pembentukan Kementerian Investasi.

Bahlil Lahaladia yang sebelumnya duduk sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). dipastikan akan dilantik sebagai Menteri Investasi dan Nadiem Makarim akan didapuk sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Selain dua nomenklatur baru, Jokowi juga dipastikan akan melantik Kepala BRIN. Posisi Kepala BRIN akan ditempati Laksana Tri Handoko, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). “Betul (ada pelantikan),” kata sumber di lingkar Istana saat dikonfirmasi.

Sumber tersebut juga memastikan bahwa Bambang Brodjonegoro, yang mulanya menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, memutuskan untuk mengundurkan diri. “[Beliau] mundur. Mungkin sudah tahu mau diganti,” ujarnya.

Ketua Relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer pun membenarkan kabar pelantikan menteri hari ini. “Akhirnya presiden jadi juga me-reshuffle kabinetnya walau terbatas,” kata Noel, sapaan Immanuel Ebenezer, Selasa (27/4).

** ass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here