31.2 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Penangkapan Aktivis KAMI Dinilai tak Logis

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Sejumlah aktivis Tanah Air prihatin atas kasus hukum yang mendera deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Syahganda Nainggolan dan Jumhur Hidayat. Kasus ini telah mengundang simpati dan empati mereka.

Bertepatan dengan buka puasa bersama di bulan Ramadhan, Senin (26/4) sore, puluhan aktivis akan berkumpul di daerah Radio Dalam, Gandaria Utara, Jakarta Selatan. Acara akan tetap digelar dengan menaati protokol kesehatan yang ketat.

Mereka berkumpul untuk memberi pernyataan sikap bertajuk “Demokrasi Harus Diselamatkan”. Di mana dalam mereka menilai penangkapan terhadap Jumhur dan Syahganda tidak logis. Apalagi jika keduanya disebut sebagai biang kerok kerusuhan saat aksi menolak RUU Cipta Kerja, lewat kicauan di akun media sosial.

Apalagi dalam perkara ini, Syahganda dituntut 6 tahun penjara oleh jaksa. Tuntutan yang oleh kelompok pro demokrasi dinilai tidak logis. Adapun sidang vonis Syahganda akan digelar pada Kamis (29/4) mendatang di Pengadilan Negeri Depok.

Titik kumpul para aktivis akan digelar di Restoran 29 Eatery yang terletak di Jalan Radio Dalam 8, RT 7/RW 10, Gandaria Utara, Jakarta Selatan.

Sejumlah tokoh telah menyatakan kehadirannya dalam acara tersebut. Mulai dari kalangan aktivis, politisi, pakar hukum, hingga pemuka agama. Mereka di antaranya adalah mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Andi Arief, pakar filsafat Rocky Gerung, hingga Presidium KAMI Din Syamsuddin.

Mereka yang menyatakan siap hadir yakni Abdullah Rasyid, Ahmad Syarbini, Ahmad Yani, Alon, Andi Arief, Andrianto, Ariady Achmad, Bursah Zarnubi, Benny K. Harman, Bambang Isti Nugroho, Desyana Zainuddin, Fahri Hamzah, Ferry Juliantono, Gde Siriana, Haris Rusly Moti, Hatta Taliwang, Herdi Sahrasad, Margarito Kamis, M. Din Syamsuddin, MS Kaban, Natalius Pigai, Paskah Irianto. Rachlan Nashidik, Radhar Tri Baskoro, Ray Rangkuti, Refly Harun, Rinjani Soedjono, Rizal Darma Putra, Rocky Gerung dan Swary Utami Dewi Ilyas.

** ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles