28.3 C
Bogor
Sunday, April 28, 2024

Buy now

spot_img

Nenek di Leuwisadeng Setahun Lumpuh

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Siti, nenek berusia 70 tahun di Kampung Baru RT 04 RW 04, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, sudah satu tahun terbaring lemah lantaran lumpuh. Hindun (40) anak kandung Siti menuturkan, bahwa ibunya menderita lumpuh sudah satu tahun lamanya. Namun selama ini  tinggal satu rumah dengan Aan anak ke-5 dari 11 bersaudara.

“Awal mula sebelum terjadi kelumpuhan, Ibu menderita darah tinggi hingga terjadi stroke dan berdampak sudah setahun ini mengalami kelumpuhan,” kata Hindun kepada Jurnal Bogor, Rabu (21/4)

Setelah sang suami Siti, Asminan  meninggal dunia  sekitar 10 tahun silam, kata  Hindun, Siti tinggal satu rumah dengan Aan,” kata Aan.

Kepala Desa Leuwisadeng Rohim Hidayatulah dikonfiramsi melalui via teleponnya mengaku baru mengetahui kondisi warganya mengalami lumpuh. Diakuinya, baru satu tahun lebih dirinya menjabat kades. “Memang kami baru mengetahui kalau ada warga yang menderita penyakit lumpuh. Dengan informasi ini, kami akan bantu dengan langsung berupaya  untuk pembuatan kartu BPJS, setelah itu bu Siti akan dibawa ke RSUD,” ungkapnya.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat (PM) dari Kecamatan Leuwisadeng M.Yusup berjanji akan menangani nenek tua yang telah menderita lumpuh selama satu tahun itu. “Kami sudah instruksikan ke pihak Dusun dan Pemerintah Desa setempat untuk segera diurus perlengkapan administrasi untuk pembuatan kartu BPJS tersebut. Sebelum penanganan secara medis, pertama kita  urus BPJS dulu,” kata kasi PM  M. Yusup.

“Termasuk rumah yang ditempati bu Siti keadaannya tidak layak. Kami minta rumah yang ditempati bu Siti untuk diprioritaskan dimasukan program Rutilahu 2021,” pintanya.

“Kami melihatnya sangat prihatin, karena keluarganya ada,  tetapi anak anak bu Siti sepertinya tidak peduli,” beber Yusup.

Yusup menyebutkan, bahwa pihaknya dari Kecamatan akan terus mendorong dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Leuwisadeng agar nenek Siti bisa segera ditangani secara medis.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles