Kades Petir Imbau Warga Waspada

0
Sukardi

Dramaga | Jurnal Inspirasi

Sering terjadinya bencana angin kencang disertai hujan deras di Desa Petir, Kecamatan Dramaga, Kepala Desa (Kades) Petir, Sukardi mengimbau masyarakatnya untuk selalu waspada, apalagi sejak awal April 2021 hujan sering terjadi di wilayah Desa Petir.

Sukardi mengatakan, Desa Petir memang sering terjadi angin kencang yang disertai hujan lebat bahkan sambaran petir. Selama ia menjadi kepala desa, hampir 1 satu tahun 4 bulan hujan deras yang disertai angin kencang bahkan hujan es sudah 2 kali terjadi di desanya.

“Sudah dua kali terjadi selama saya menjadi kepala desa di sini. Pertama itu pada bulan Juli 2020 angin kencang merusak 160 rumah warga di empat RW, yaitu RW 01, RW 04, RW 05 dan RW 06 mengalami rusak sedang dan ringan,” kata Sukardi.

Sementara itu untuk kejadian yang kedua Sukardi mengatakan itu terjadi pada April 2021 yang juga merusak 28 rumah warga di 3 RW yakni RW 7, RW 8 dan RW 9. “Bahkan setiap sore di sini selalu terun hujan kadang bukan hanya hujan saya angin kencang dan petir selalu terjadi,” ujarnya.

Untuk rumah yang rusak terkena angin kencang oleh pihak desa, kata Sukardi data-data dari kejadian yang pertama sampai yang kedua sudah di serahkan ke BPBD Kabupaten Bogor. “Namun sepertinya tidak semua bantuan perbaikan rumah direalisasikan semua,”tukasnya.

Sukardi mengimbau kepada masyarakat Desa Petir untuk selalu waspada ketika dihadapkan dengan cuaca ekstrem, mengingat petir termasuk desa yang rawan bencana baik itu angin kencang, dan longsor.

“Intinya kita selalu waspada ketika turun hujan deras disertai angin kencang dan sambaran petir,”pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here