Pemcam Ciawi Gandeng DPMD Sosialisasikan Bantuan Samisade

0

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Menjelang pencairan bantuan Satu Miliar Satu Desa (Samisade), Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Ciawi mengandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 83 Tahun 2020 Tentang Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa.

Kepala Bidang Sarana dan prasarana  (Kabid Sarpras) DPMD Kabupaten Bogor, Lina mengatakan, untuk desa yang mengajukan penyerapan Samisade harus benar – benar lolos dari verifikasi, mulai administrasi, teknis maupun lapangan.

 “Pihak kecamatan mengundang saya  untuk memberikan penjelasan terkait Perbup Nomor 83 Tahun 2020. Seperti program Samisade ini minimal anggaran yang di usulkan 200 juta untuk pembangunan dan maksimal satu miliar,” katanya usai sosialisasi di Desa Bendungan.

Lina menjelaskan, prioritas pembangunan yang didanai oleh Samisade adalah untuk membuka akses jalur. Seperti akses untuk wisata,  akses perekonomian dan batas desa. “Apabila itu selesai, nantinya bisa di tingkatkan ke bidang pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Ekbang Kecamatan Ciawi, Topik menjelaskan, tujuan dari sosialisasi oleh DPMD ini, karena masih banyaknya proposal pengajuan dari pihak desa yang harus direvisi.

 “Karena nilai yang diajukan untuk titik pembangunannya, masih di angka puluhan juta. Dan itu masih bisa didanai dari sumber anggaran lain, seperti dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat atau dari sumber Dana Desa (DD). Sedangkan untuk penyerapan Samisade sesuai aturan yang berlaku, minimal nilai pengajuan sebesar 200 juta,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here