30.6 C
Bogor
Tuesday, May 7, 2024

Buy now

spot_img

Pembahasan Raperda PDJT Mandek

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) di DPRD Kota Bogor mandek. Padahal, telah lima bulan berkas tersebut berada di dalam gedung DPRD. Alhasil, nasib PDJT pun semakin tidak jelas.

Kepada wartawan, Anggota Panitia Khusus (Pansus) Raperda PDJT, Endah Purwanti mengatakan bahwa pihaknya belum melanjutkan pembahasan lantaran draft tidak disetujui dewan. Sebab, dalam judul raperda itu terdapat perubahan dari BUMD menjadi Perumda.

“Draft yang disodorkan baru, judulnya berubah menjadi pembentukan Perumda Jasa Transportasi,” ujar Endah kepada wartawan, Senin (19/4)

Kata Endah, hingga kini DPRD juga belum menerima berkas audit keuangan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) Rp35 miliar. Padahal, hal itu menjadi salah satu syarat untuk melanjutkan pembahasan raperda tersebut.

“Dewan sudah sepakat tidak akan membahas sebelum ada audit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, aset PDJT saat ini jumlahnya Rp3,6 miliar, sedangkan hutang perusahaan pelat merah itu mencapai Rp4 miliar. “Jadi pemkot jangan terlalu bergairah mendapatkam Buy The Service (BTS) senilai Rp81 miliar dari Kementerian Perhubungan, yang aturannya mengacu pada Pemenhub Nomor 9 Tahun 2020 tentang subsidi angkutan umum, BTS dapat diberikan asal perusahaannya sehat,” ungkapnya.

Sejauh ini, kata dia, restrukturisasi Pemkot Bogor telah membentuk tim untuk perusahaan yang akan berubah badan hukumnya menjadi Perumda.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah menjelaskan bahwa tim restrukturisasi merupakan langkah konkret Pemkot Bogor untuk menyehatkan PDJT.

“Tim restrukturisasi sudah dibentuk dan dipimpin oleh saya. Nanti ini akan membahas soal revolusi manajemen PDJT agar lebih baik lagi,” bebernya.

Syarifah memastikan bahwa masih enggan membahas PMP, sebab PDJT saat ini mirip seperti PT PPE di Kabupaten Bogor. Sehingga restrukturisasi sangat krusial.

“Direksi baru nantinya mesti ahli di bidangnya, dan mampu mendatangkan investor. “Jadi kuncinya nanti memilih direksi,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles