Forkopim Nanggung Selaraskan Renstra

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Forum Perangkat Daerah Kecamatan Nanggung menggelar rapat penyusunan perubahan perecanaan strategis (Renstra) tahun 2018-2023, belum lama ini. Acara tersebut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Nanggung (Forkopimkec), kepala desa, perwakilan  UPT yang menaungi wilayah Kecamatan Nanggung, serta para kepala seksi dan Kasubag dari Kecamatan Nanggung.

“Kami mengkomunikasikan hasil analisis dan kajian oleh perangkat daerah atas kebutuhan pelayanan untuk sisa tahun perencanaan jangka menengah,” kata Camat Nanggung Ae Saepuloh kepada Jurnal Bogor, Senin (19/4).

Menurutnya, untuk memperoleh penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan penyepakatan tentang  isu strategis, perlu untuk ditangani pada tahun 2022. Sedangkan sasaran pelayanan perangkat daerah jangka menengah yakni strategi dan kebijakan pelayanan.

Termasuk pembahasan program kegiatan dan sub kegiatan prioritas perangkat daerah tahun 2022-2023. Indikator kinerja perangkat daerah yang mengacu pada tujuan dan sasaran rancangan awal perubahan pada Recana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Subtansinya untuk perubahan perencanaan strategis perangkat daerah diantaranya penajam, penyelarasan, klarifikasi dan penyepakatan dengan mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik,” jelas Ae.

Sementara perubahan susunan dan tatakerja kecamatan (SOTK), perlu adanya  pengoptimalan kinerja kecamatan serta pemberlakuan PPKM dalam rangka pencegahan, penyebaran dan penanganan pandemi  Covid-19 yang berdampak pada alokasi anggaran dan indikator hasil sub kegiatan.

“Ada dampak lanjutan dari poin 1 dan 2 dan rancangan awal perubahan RPJMD Kabupaten Bogor, perubahan rencana tataruang wilayah RT, RW dan perubahan susunan tata kerja  daerah dan

perubahan RPJMD Propinsi Jawa Barat, hasil evaluasi Kemenpan RB dan penyesuaian dasar hukum RKPD untuk 2022 serta pemenuhan kebutuhan LPPD, LKPJ dan jankin daerah,” jelas Camat.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here