Program SDGs, Pemdes Leuwinutug Kedepankan Slogan “Ngarti Pikeun Ngabdi, Nyaah Pikeun Amanah”

0

Citeureup | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Leuwinutug tetap menjalankan kegiatannya disela-sela bulan Ramadhan, Sabtu (17/04/2021), diantaranya kegiatan sosialisasi SDGs (Sustainable Development Goals/SDGs) dan Indesk Desa Membangun (IDM) Desa Leuwinutug Tahun 2021. Kegiatan tersebut merupakan program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 seluruh Desa.

Kang Denz, sapaan akrab Kepala Desa Leuwinutug menyambut baik program pendataan SDGs Desa, merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dengan tujuan seperti slogan Pemdes Leuwinutug sendiri “Ngarti Pikeun Ngabdi, Nyaah Pikeun Amanah”.

“Setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa, Maka itu diperlukan sosialisasi SDGs dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya para aparatur Pemerintah Desa dalam hal ini para Ketua RT dan RW dihadiri langsung oleh Bapak Camat Citeureup Ridwan Said.  S. STP, M.Si dan Ketua BPD Desa Leuwinutug H. Cecep Badru Rachman,” ujar Kang Denz.

Ia juga menjelaskan, Desa Leuwinutug kini ada di status desa mandiri, lonjakan yang signifikan dari desa berkembang pada tahun 2018 melewati status desa maju langsung ke desa mandiri. Semua itu kata dia, berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah desa dengan aparatur dan lembaga desa dan peran serta warga masyarakat.

“Kini IDM Desa Leuwinutug pada tahun 2021 di angka 82,88% dan berharap di tahun 2022 mengalami kenaikan. Karena taget di tahun ini Desa Leuwinutug memproritaskan Indikator Pendidikan Desa Berkualitas yakni adanya SMPN di Desa Leuwinutug,” ungkap Kang Denz.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here