Pemkot Siapkan Ratusan Makam Cadangan

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan ratusan liang lahat cadangan di sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) selama bulan Ramadhan.

Diketahui, terdapat sebanyak 101 makam cadangan yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Kepada wartawan, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemakaman pada Dinas PUPR Kota Bogor Toto Gunarto mengatakan makam cadangan tersebut berada di empat TPU. Dengan rincian, TPU Mulyaharja 40 lubang, TPU Kayumanis 40 lubang, TPU Situ Gede 15 lubang dan TPU Gunung Gadung enam.

“Termasuk juga untuk lubang makam covid,” kata Toto, belum lama ini.

Menurut dia, pihaknya memiliki total 69 petugas makam yang bekerja di 8 TPU di Kota Bogor. Lubang makam cadangan itu dibuat untuk membantu para pekerja di bulan Ramadhan terutama saat Idul Fitri.

“Itu mereka (bekerja) dishift. Waktunya Lebaran biasanya menjelang Solat Ied di rumah dulu biasanya, siangan baru kerja ke pemakaman lagi. Ya biar ibadah mereka juga kusyuk, kalau ada meninggal sudah ada (lubang makam) biar gampang,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan persiapan lubang makam ini dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimana, untuk mempermudah pekerja makam dan antisipasi jika terjadi lonjakan kematian selama bulan Ramadhan.

“Ini bukan dalam rangka mendahului takdir ya. Tetapi kita antisipasi supaya para petugas pemakaman tidak kerepotan apabila terjadi ledakan kematian,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here