33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Optimalkan Saluran Air, Kelompok Tani Harapan Jaya Fokus Bangun Irigasi

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Sejumlah warga petani dari Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung menyambut baik adanya pembangunan irigasi tersier di lingkungan RW 06 sepanjang 360 meter. Sodetan air ini dibangun untuk mengairi areal pesawahan di Blok Legokkemang. Upaya program Perkumpulan Petani Pengguna air (P3A) ini berasal dari Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane.

“Kegiatan ini untuk memperlancar warga petani pada peningkatan saluran air,” kata Ketua Kelompok Tani P3A Harapan Jaya, Opik Julpikor kepada Jurnal Bogor, Senin (12/4).

Pemerintah pusat melalui BBWS Ciliwung Cisadane menyalurkan dana untuk kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). “Bangunan irigasi tersier yang dibangun dari aliran kali Cimapag yang berbatasan antara Desa Hambaro denagan Desa Sukaluyu,” jelasnya.

Satu hari jelang puasa ini, kata Opik, pembangunan irigasi sementara waktu diliburkan. “Sembari pengumpulan material, bangun tersebut dilanjut pada Rabu (14/4) mendatang.

Dari awal pengerjaan selama 7 hari, pembangunan sodetan tersebut telah mencapai 50 persen dan ditargetkan selesai selama 30 hari. Opik menerangkan, masih banyaknya saluran irigasi yang belum tercover di wilayah Desa Hambaro. “Kedepan saluran irigasi di Blok Kabayan, Ciparahu akan menjadi target pembangunan,” jelasnya.

“Sesuai kebutuhan warga petani  dan pemberdayaan pekerja sekitar,  mudah mudahan program tersebut terus berlanjut,” harapnya.

Sementara langkah ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan dan partisipasi masyarakat karena dana bantuan ini dikerjakan secara swakelola. “Program ini berjalan lancar, terimakasih pada pemerintah yang telah membantu kebutuhan para petani,”  pungkas  petani warga sekitar, Juned (45).

**  Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles