24.6 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Jelang Sholat Tarawih, Masjid Jami Al-Falah Ciderum Dilakukan Penyemprotan

Caringin | Jurnal Inspirasi

Menjelang pelaksanaan sholat tarawih perdana di awal bulan Ramadhan tahun ini, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Falah, Kampung Ciderum, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, melakukan penyemprotan seluruh ruangan masjid. Itu dilakukan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga saat menjalankan sholat tarawih saat kondisi Pandemi Covid-19.

Ustadz Jajang, pengurus Masjid Jami Al-Falah mengatakan, penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan masjid ini, untuk memberikan rasa aman kepada para jamaah yang melaksanakan sholat tarawih.

 “Tujuannya agar ruangan mesjid bersih dan terbebas dari virus,” ungkapnya kepada wartawan.

Ustadz Jajang menyadari, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, masih memberlakukan PSBB dengan mengeluarkan aturan PPKM secara mikro. Dimana, semua warga diwajibkan tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan dan dilarang berkerumun.

 “Makanya ada jarak saat jemaah menjalankan sholat tarawih. Karena tarawih pertama, biasanya masjid dimana pun suka penuh oleh jamaah,” paparnya.

Menurutnya, warga yang ada di wilayah Kampung Ciderum, selama ini taat dan patuh terhadap aturan yang dikeluarkan pemerintah selama ada Covid-19.  “Alhamdulillah Allah SWT melindungi warga kampung ini. Tidak ada warga yang terkena atau positif covid,” ujar Ustadz.

Ustadz Jajang berharap agar Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor khususnya dan negara Indonesia umumnya, segera berakhir.  “Selama ada Covid-19, banyak warga disini yang menganggur dan tidak punya penghasilan,” imbuhnya.

Sementara, warga Kampung Ciderum secara bersama-sama ikut membersihkan ruangan masjid, mulai dari lantai bawah sampai lantai atas dengan menggulung seluruh karpet.  “Karpet yang sudah kotor dan bau, kita cuci. Tapi tidak semua karpet, karena mau digunakan untuk sholat tarawih nanti malam,” jelas Dadang, warga RT 03 RW 09.

Kondisi masjid bersih, baik lantai maupun karpet membuat para jamaah semakin khusu’ saat menjalankan ibadah sholat.

 “Setiap bulan juga sering ada kegiatan bersih-bersih seperti ini. Tapi tidak dilakukan penyemprotan seperti sekarang,” tukas Baharudin, warga lainnya yang saat itu ikut mencuci karpet masjid.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles